Pengenalan Tools dan Ruang Kerja CorelDraw


Ruang kerja CorelDRAW atau disebut juga Workspace atau disebut juga Desktop merupakan ruang dimana desainer melakukan aktivitasnya.

Di tengah-tengah tersedia ruang gambar (Drawing Window) dan disekelilingnya tersedia fasilitas dan alat yang akan digunakan oleh desainer.
 
Berikut penjelasan Tools pada Ruang Kerja CorelDraw

#1 Title bar

Title bar mencantumkan nama file yang sedang aktif disertai judul    program aplikasi CorelDraw. Nama default yang diberikan CorelDraw adalah “Graphic1”.

#2 Control Window

Control Window yang menyediakan tombol perintah Minimize, Maximize,dan Close.

#3 Menu Bar

Seperti ada pada program Windows pada umumnya, menu dapat diakses dengan mengklik judul atau menekan shortcut. Untuk melakukan floating

    Klik garis ganda diujung bar. Untuk mengembalikan ke tempat asalnya (docked), klik ganda label Menu Bar.

#4 Toolbar

Toolbar adalah menu berupa tombol berbentuk ikon untuk mempermudah proses penggunaan perintah-perintah menu yang sering digunakan. Toolbar dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan klik menu Window > Toolbars > Kemudian pilih salah satu toolbar pada daftar toolbar. Toolbar dapat ditampilkan  floating.

#5 Property Bar

Property bar muncul setiap user membuat drawing. Setiap tool yang aktif selalu diikuti oleh propertinya. Dan setiap jenis objek memiliki propertinya sendiri-sendiri.

#6 Rulers

Rulers berisi batas ukuran yang berguna untuk mendesain objek yang memerlukan ketepatan posisi dan ukuran. Satuan unit ukuran dapat diatur melalui Property bar atau melalui Rulers setup.
 
#7 Toolbox

Toolbox adalah kotak yang berisi pearangkat tool sebagai alat drawing.

Setiap tool, kecuali dua buah tool, yaitu Pick tool dan Text tool, memiliki flyout yang menyimpan beberapa tool sejenisnya.

#8 Drawing Window

Drawing window adalah ruang untuk aktivitas menggambar (sebagai meja gambar atau canvas).

#9 Drawing Page

Drawing Page atau Page Border, adalah kotak persegi yang ditempatkan di atas  drawing window. Halaman ini adalah halaman printable, maksudnya hanya objek drawing  yang terletak pada drawingpage saja yang bias dicetak oleh printer.

#10 Docker Window

Docker windows (palettes atau panels) adalah kotak dialog yang berisi perintah-perintah untuk mengendalikan pekerjaan user dalam merancang suatu objek. Docker window bersifat floatable.

Untuk membuka docker window, klik menu Window > Docker > pilih jendela docker yang akan digunakan. Untuk menutupnya, klik tombol X pada jendela docker.

#11 Color Pallete

Color pallete berisi daftar warna pilihan dari suatu system warna. Sistem warna dapat diakses melalui menu Window > Color Palletes.

#12 Document Navigator

Documen navigator adalah alat untuk mengatur pemakaian dokumen yang terdiri atas beberapa halaman, berupa tab-tab. Tiap tab diisi label.

#13 Scroll Bar

Scroll bar adalah alat untuk menggeser tampilan layar di drawing untuk melihat bagian lainnya dari objek.

#14 View Navigator

CorelDRAW menyediakan fasilitas tombol Navigator untuk mencari lokasi objek drawing yang ditampilkan di layar. Cara menggunakan: klik dan tahan mouse pada navigator. Tampak semua objek yang ada di drawing window.

Geser mouse ke objek yang akan ditampilkan dan lepaskan, maka objek yang terlihat kini nampak dilayar.

#15 Status Bar

Pada status bar tersedia properti objek terpilih (jenis, ukuran, warna, isi, dan resolusi) dan juga memberikan informasi proses lainnya, seperti posisi mouse. Untuk menampilkan atau menyembunyikan status bar, klik Window > Toolbars > Status Bar.

0 Response to "Pengenalan Tools dan Ruang Kerja CorelDraw"

Post a Comment