Definisi dan Syarat Presentasi Video pada Mata Pelajaran Simulasi Digital

Berikut Bab tentang Definisi dan Syarat Presentasi Video pada Mata Pelajaran Simulasi Digital (Simdig) Kelas X semester 1 SMK Kurikulum 2013.

Pernakah kamu melakukan presentasi video?

Secara tidak sadar, mungkin kamu pernah melakukannya .

Lalu, apakah presentasi video itu?

1.  Presentasi video

Presentasi ialah kegiatan yang menampilkan sesuatu kepada seseorang sehingga apa yang disampaikan tersebut dapat diterima dan direspon oleh penerima.

Menurut  saputra ,dkk(2013:156) presentasi video ialah video untuk mengomunikasikan ide atau  gagasan ,yang digunakan untuk video pembelajaran ,marketing, dan sebagainya.

Berdasarkan definisi diatas, presentasi video dapat didefinisikan kegiatan berkomunikasi atau salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan utk menyampaikan ide atau gagasan tertentu dg tujuan tertentu pula

2.  Syarat presentasi video 

Ada beberapa syarat yang harus dpenuhi dalam membuat presentasi video sehingga presentasi video tersebut dpt dikatakan baik. Syarat2 yg harus dpenuhi tersebut diantarannya ialah sbg berikut.

A. informasi yang dsampaikan jelas 

Presentasi video terkadang dalam berkomunikasi tidak secara langsung maka dlm presentasi tersebut dharapkan materi atau tujuan yang akan disampaikan harus jelas, sehingga audiensi dpt memahami presentasi tersebut dg jelas

B. pendahuluan 

 Pd awal presentasi video utk pembelajaran dibuat apresiasi tentang materi yg tlh dsampaikan dn yg akan disampaikan. Hal tersebut bertujuan supaya peserta didik dapat mengingat materi sebelumnya  dan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan dpelajari.

Untuk presentasi pemasaran pd awal presentasi pemasaran pda awal presentasi video sebaiknya dibuat gambaran umum tetang produk yang ingin di tawarkan.

C. Maksud dan tujuan 

 Menjelaskan  maksud dn tujuan presentasi tersebut . dg menjelaskan maksd dn tujuan memungkinkan audien dpt memahami tentang apa yang ingin disampaikan,dn setelah itu dpt dilanjutkam utk ke isis presentasi 

D. Bagaimana jika ada pertanyaan?

Sebg penutup presentasi sebaiknya memberikan penjelasan bgaimana jika seseorang yang belum jelas melihat presentasi video yang telah dibuat (bagaiman jika ada pertanyaan?).

dalam presentasi pembelajaran  memungkinkan peserta didik utk dpt bertanya lngsung selain itu dpt pula presentasi jarak jauh, begitu pula halnya dg utk pemasaran 

E. pengguna kata kata 

Supaya presentasi trsbt mdh dterima dn diphmi olh audensi, perlu dperhatikan penggunaan kata2nya pemilihan kata kata mempengaruhi bgaimana kualitas presentasi audien dan apa yg ingin dpresentasikkan sebaiknya pemilihan kata kata yang mudah dipahami namun meperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar.

0 Response to "Definisi dan Syarat Presentasi Video pada Mata Pelajaran Simulasi Digital"

Post a Comment