Ciri khas Presentasi Video dan Dampak Presentasi Video (Simdig X)

Berikut Materi Simulasi Digital Kelas X Semester 1 untuk SMK tentang Ciri khas Presentasi Video dan Dampak Presentasi Video baik dampak positif maupun dampak negatifnya.

#1. Ciri khas Presentasi Video

Presentasi dengan menggunakan video memiliki ciri khas bila dibanding dengan presentasi lainya , baik dari sisi pembuatanya maupun maksud dan tujuan yang ingin di sampaikan.

ciri khas presentari video ialah mudah dibuat , bersifat spontan , dan mengakomodasi ke inginan pembuat .

untuk itu alat yang di manfaatkan adalah peralatan yang sederhana dan mudah diperoleh di lingkungan sekitar (saputra , 2013:156). Selanjutya (2013) , menjelaskan tentang proses pembuatan presentasi video harus dirancang dalam bentuk sederhana dan tidak seperti video pada umumnya. Perbedanya ialah sebagai berikut.

a.    Tidak memperlukan teknik pengambilan gambar yang rumit. 

b.    Pencetus ida dapat berlaku sebagai sutradara ataupun pemain bahkan sebagai editor.

Secara garis besar, ciri utama presentasi video dengan menggunakan video untuk mempresentasikannya. Sering kali dijumpai presentasi yang hanya menggunakan teks atau audio saja.

Presentasi yang demikian terlihat menonton dan tidak menarik sehingga preserta didik akan cepat jenuh dan bosan. Berbeda halnya dengan presentasi video, guru akan lebih mudah menerangkan materi tanpa harus menjelaskannya.

Selain itu peserta didik juga akan lebih antusias dalam pembelajaran dan apa yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut dapat tercapai.

#2. Dampak Presentasi Video

Adapun dampak positif dan negatif dari prsentasi video adalah sebagao berikut.

a.    Dampak Positif 

     Dampak positif presentasi video diantaranya ialah :

1)    Memperjelas informasi;

2)    Keterbatasan ruang, waktu, tenaga, dan daya indra dapat teratasi (efisien);

3)    Mampu menumbuhkan motivasi belajar;

4)    Mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk;

5)    Bagi peserta didik, memungkinkan untuk dapat belajar mandiri.

b.    Dampak Negatif

    Dampak negatif presentasi video diantaranya ialah :

1)    Interaksi antara presenter dan audiensi mungkin berkurang ;

2)    Memungkinkan presenter bergantung pada presentasi video;

3)    Dalam pembuatan video, memungkinkan untuk melakukan pengambilan video lagi apabila hasilnya tidak maksimal;

4)    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu dilakukan pengolahan video.

Rangkuman

1. Presentasi ialah kegiatan yang menampilkan sesuatu kepada seseorang sehingga apa yang disampaikan tersebut dapat diterima dan direspon oleh penerima.

Sedangkan presentasi video ialah video untuk mengomunikasikan idea tau gagasan, yang digunakan untuk video pembelajaran, marketing, dan sebagainya.

Presentasi video harus memnuhi syarat diantaranya ialah informasi jelas, ada pendahuluan, maksud dan tujuan, ada informasi apabila audiensi bertanya , dan penggunaan kata kata yang mudah dipahami.

2. Fungsi presentasi video diantaranya ialah untuk menyampaikan informasi, untuk mempengaruhi supaya melakukan sesuatu, untuk menginspirasi atau memotivasi, untuk melakukan penjualan, dan untuk memunculkan idea tau gagasan.

3. Jenis presentasi video ada dua, yaitu presentasi video pembelajaran dan presentasi video pemasaran. Presentasi video pembelajaran berfungsi sebagai media yang berfungsi memonikasi materi pembelajaran dari guru ke peserta didik dengan tujuan peserta didik dapat menguasai materi yang disampaikan.

Sedangkan video pemasaran ialah media yang berfungsi untuk mengomunikasikan idea tau gagasan tentang suatu produk perusahaan dengan maksud supaya audien mengatahui produk tersebut dan membelinya.

4. Ciri khas presentasi video ialah dalam presentasinya menggunakan video, selain itu juga ada penggabungan antara teks, audio, dan video.

ditulis oleh :

Nama : Hana  Atika Lestari
Kelas : x tkj 1

itulah share tentang Materi Simulasi Digital Kelas X Semester 1 untuk SMK tentang Ciri khas Presentasi Video dan Dampak Presentasi Video yang semoga bermanfaat menambah wawasan, ilmu pengetahuan. salam.

0 Response to "Ciri khas Presentasi Video dan Dampak Presentasi Video (Simdig X)"

Post a Comment