Ebook Simulasi Digital Kelas X Semester 1 dan 2 Untuk SMK Terbaru (Update) - siswa2ku tercinta, silahkan download ebook simulasi digital di postingan ini kemudian catat "perbedaan edmodo dgn facebook" halaman 161 dan pahamilah.
pada ebook simulasi digital kelas X Semester 1 materi yang dibahas adalah cara membuat buku digital, kelas maya tentang pembelajaran melalui situs edmodo, komunikasi dalam jaringan syncronus dan komunikasi asyncrounus, kemudian teknik pengambilan gambar baik dengan kamera profesional maupun kamera HP.
gambaran isi pada ebook simulasi digital kelas X semester 2, materi yang dipelajari untuk siswa-siswi anda adalah mencakup audio dan visual yang dalam hal ini adalah fokus mempelajari software blender, bagaimana cara modeling, rigging, texturing, animating, rendering, dan teknik kamera sebelum di render pada software blender.
fokus di semester 2 adalah tentang software blender.... diawali dengan anda mempelajari tentang interface/antarmuka Blender, kemudian dalam buku siswa ini tim pengembang telah menyiapkan beberapa file Blender untuk memudahkan siswa dalam mempelajari atau penguasaan software Blender.
File Blender yang disertakan bersama buku ini terbagi dalam berbagai komponen menu yang digunakan untuk mempercepat simulasi latihan pembiasaan fitur Blender, karena menu yang tersedia dalam perangkat pengolah animasi seperti Blender, fiturnya sangat beragam.
Oleh sebab itu maka beberapa file latihan Blender lebih fokus pada latihan menu yang akan dipelajari dan paling sering digunakan dalam produksi. Contoh latihan navigation and view maka file latihan hanya fokus pada latihan fitur tersebut.
Metode simulasi latihan file Blender ini dapat mempercepat penguasaan serta pembiasaan fitur yang paling sering digunakan dalam produksi animasi 3D dengan software Blender.
File latihan terdiri atas simulasi untuk memahami fungsi fitur software Blender dan file latihan dengan teknik mengubah posisi objek.
untuk mempelajari Basic 3D pada software blender silahkan Bukalah file latihan simulasi visual pada CD yang disertakan Buku Simulasi Digital semester dua. Sekarang Anda akan mempelajari dari awal dengan mengenal basic 3D.
hal pertama yang harus anda pelajari adalah berkaitan dengan Pivot 3D. Dalam mempelajari software 3D khususnya Blender harus memahami terlebih dulu posisi dan fungsi sumbu 3D (pivot). Sumbu yang terdapat pada software Blender terdiri atas:
• Sumbu X yang ditandai dengan warna merah adalah sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggerser objek ke arah kanan dan ke kiri.
• Sumbu Y yang ditandai dengan warna hijau adalah sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk pergeseran objek ke arah depan dan ke arah belakang.
• Sumbu Z yang ditandai dengan warna biru adalah sumbu posisi vertikal atau sumbu yang digunakan untuk menggeser objek ke arah atas dan ke bawah.
Untuk memudahkan mengingat sumbu koordinat 3D pada sumbu X,Y,dan Z dapat menggunakan jari-jari Anda seperti yang terlihat pada gambar II-47.
Pada gambar II-47, terdapat posisi jari tengah mewakili sumbu X ditunjukan dengan warna merah, jari telunjuk mewakili sumbu Y ditunjukan dengan warna hijau, dan ibu jari yang tegak mewakili sumbu Z ditunjukan dengan warna biru.
Dalam penggunaan software Blender posisi navigasi akan muncul pada pojok sebelah kiri bawah, navigasi berfungsi untuk memudahkan pengguna software untuk panduan mengarahkan perpindahan posisi objek 3D.
Ebook Simulasi Digital Kelas X Semester 1 dan 2 Untuk SMK Terbaru |
pada ebook simulasi digital kelas X Semester 1 materi yang dibahas adalah cara membuat buku digital, kelas maya tentang pembelajaran melalui situs edmodo, komunikasi dalam jaringan syncronus dan komunikasi asyncrounus, kemudian teknik pengambilan gambar baik dengan kamera profesional maupun kamera HP.
gambaran isi pada ebook simulasi digital kelas X semester 2, materi yang dipelajari untuk siswa-siswi anda adalah mencakup audio dan visual yang dalam hal ini adalah fokus mempelajari software blender, bagaimana cara modeling, rigging, texturing, animating, rendering, dan teknik kamera sebelum di render pada software blender.
fokus di semester 2 adalah tentang software blender.... diawali dengan anda mempelajari tentang interface/antarmuka Blender, kemudian dalam buku siswa ini tim pengembang telah menyiapkan beberapa file Blender untuk memudahkan siswa dalam mempelajari atau penguasaan software Blender.
File Blender yang disertakan bersama buku ini terbagi dalam berbagai komponen menu yang digunakan untuk mempercepat simulasi latihan pembiasaan fitur Blender, karena menu yang tersedia dalam perangkat pengolah animasi seperti Blender, fiturnya sangat beragam.
Oleh sebab itu maka beberapa file latihan Blender lebih fokus pada latihan menu yang akan dipelajari dan paling sering digunakan dalam produksi. Contoh latihan navigation and view maka file latihan hanya fokus pada latihan fitur tersebut.
Metode simulasi latihan file Blender ini dapat mempercepat penguasaan serta pembiasaan fitur yang paling sering digunakan dalam produksi animasi 3D dengan software Blender.
File latihan terdiri atas simulasi untuk memahami fungsi fitur software Blender dan file latihan dengan teknik mengubah posisi objek.
untuk mempelajari Basic 3D pada software blender silahkan Bukalah file latihan simulasi visual pada CD yang disertakan Buku Simulasi Digital semester dua. Sekarang Anda akan mempelajari dari awal dengan mengenal basic 3D.
hal pertama yang harus anda pelajari adalah berkaitan dengan Pivot 3D. Dalam mempelajari software 3D khususnya Blender harus memahami terlebih dulu posisi dan fungsi sumbu 3D (pivot). Sumbu yang terdapat pada software Blender terdiri atas:
• Sumbu X yang ditandai dengan warna merah adalah sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggerser objek ke arah kanan dan ke kiri.
• Sumbu Y yang ditandai dengan warna hijau adalah sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk pergeseran objek ke arah depan dan ke arah belakang.
• Sumbu Z yang ditandai dengan warna biru adalah sumbu posisi vertikal atau sumbu yang digunakan untuk menggeser objek ke arah atas dan ke bawah.
Untuk memudahkan mengingat sumbu koordinat 3D pada sumbu X,Y,dan Z dapat menggunakan jari-jari Anda seperti yang terlihat pada gambar II-47.
Pada gambar II-47, terdapat posisi jari tengah mewakili sumbu X ditunjukan dengan warna merah, jari telunjuk mewakili sumbu Y ditunjukan dengan warna hijau, dan ibu jari yang tegak mewakili sumbu Z ditunjukan dengan warna biru.
Dalam penggunaan software Blender posisi navigasi akan muncul pada pojok sebelah kiri bawah, navigasi berfungsi untuk memudahkan pengguna software untuk panduan mengarahkan perpindahan posisi objek 3D.
Okeh, langsung saja.... berikut ini link download buku simulasi digital semester 1 dan 2 yang bisa didownload:
link download ebook simdig kelas X semester 1. klik!
Download Ebook Simulasi Digital Kelas X Semester 1 Untuk SMK Terbaru (Update)
link download ebook simdig kelas X semester 2. klik!
link download ebook simdig kelas X semester 2. klik!
file saya simpan di situs google drive, jadi anda sangat dimudahkan dalam mendownloadnya, cukup klik link download kemudian klik kata 'download' yang ada.
itulah ebook simulasi digital (simdig) semester 1 dan semester 2 yang dapat anda download secara gratis yang mudah-mudahan bermanfaat buat bapak/ ibu guru se-indonesia terutama yang mengajar mata pelajaran produktif komputer baik TKJ maupun RPL. selamat belajar dengan sungguh2 siswa2ku, anak-anakku siswa SMK AL-IRSYAD TEGAL. good luck untuk kalian semua!
trimakasih
ReplyDelete