Fitur Rumah Belajar dan Fitur Edmodo pada Simulasi Digital (Simdig) Kelas X Kurikulum 2013 SMK

Assalamu'alaikum wr. wb. pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang materi Fitur Rumah Belajar dan Fitur Edmodo pada Simulasi Digital (Simdig) Kelas X Kurikulum 2013 SMK.

Berikut penjelasan tentang Fitur Rumah Belajar dan Fitur Edmodo.

#1. Fitur Rumah Belajar

Rumah belajar merupakan situs yang dimiliki oleh Kemendikbud yang digunakan sebagai kelas maya pembelajaran jarak jauh.

Fitur Rumah Belajar dan Fitur Edmodo pada Simulasi Digital (Simdig) Kelas X Kurikulum 2013 SMK


Adapun fitur Rumah Belajar di antaranya :

a.    Awal (home)

Fitur ini untuk kembali ke halaman utama (home page)

b.    Sumber Belajar


Sumber belajar merupakan fitur yang terdiri dari materi-materi pembelajaran. Fitur sumber belajar terdiri dari sebagai fasilitas lainnya seperti katalog media (gambar, dokumen, animasi, video, audio), kurikulum, dan materi  belajar  SD, SMP, Dan SMA.

c.    Kelas Maya

Fitur tersebut berfungsi untuk melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Pada fitur ini pengguna akan disediakan berbagai mata pelajaran. Dengan Memilih mata pembelajaran tersebut, pengguna dapat melakukan Interaksi  dengan  guru  secara jarak jauh dengan siapa saja dan dimana saja.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kegiatan pembelajaran dapat didesain sesuai Dengan pembelajaran di sekolah.

d.    Materi  Belajar

Pada fitur ini tersedia berbagai materi pembelajaran yang dibutukan oleh pengguna atau peserta didik. Pemilihan materi tersebut dapat disesuaikan dengan mata pelajaran dan kebutuhan peserta didik.


#2. Fitur Edmodo

Edmogo merupakan situs pembelajaran online kelas maya jarak jauh antara guru dengan siswa menggunakan jaringan (daring online).

Fitur Rumah Belajar dan Fitur Edmodo pada Simulasi Digital (Simdig) Kelas X Kurikulum 2013 SMK


Fitur Edmodo terdiri dari :

a.    Catatan (note)

Catatan merupakan fitur yang berfungsi untuk mencatat semua informasi atau Materi pelajaran yang dianggap penting.Bila dilihat sekilas,tampilan Edmodo Mirip dengan facebook dan menulis catatan di Edmodo.

Catatan tersebut  hampir sama seperti status di facebook,dan dapat ditunjukan kepada grup, kelas, guru atau peserta didik. Dengan mengirim catatan tersebut guru dengan peserta didik memungkinkan untuk berbalas dalam kegiatan pembelajaran.


Sehingga interaksi diantara keduanya dapat terjalin meskipun di tempat yang berbeda. Selama ini mungkin terdapat beberapa peserta didik yang takut untuk mengungkapan pendapatnya dalam kegiatan pembelajaran, dengan adanya fitur ini diharapkam peserta yang pasif tersebut bisa lebih aktif dan berpendapat dalam bentuk tulisan.

b.    Pengumuman (alert)

Alert merupakan jenis note yang lebih sederhana dibanding yang lainnya,karena Tidak memiliki lampiran berupa file, library dan link. Alert digunakan guru untuk Mengingatkan peserta didik tentang kegiatan tertentu, misalnya batas waktu Pengumpulan tugas.

Karakter alert maksimal 144, dan alert hanya bisa dibuat oleh guru, sementara peserta didik hanya bisa membaca.

c.    Tugas (Assignment)

Fitur ini berfungsi sebagai penyedia pemberi tugas pada kelas maya. Apabila Guru ingin memberikan tugas kepada peserta didik, maka dapat dilakukan Melalui fitur ini. Fitur ini juga dilengkapi dengan judul tugas,deskripsi tugas, Tenggat waktu,lampiran(link,file dan library)

d.    Kuis (quiz)

Edmodo dilengkapi dengan fitur kuis. Fitur ini memberi kemudahan guru dalam Memberikan kuis untuk peserta didik. Model kuis yang diberikan beragam, ada Multiple choice,benar salah,uraian singkat, pencocokan, dan sebagainya.

e.    Jajak Pendapat (poll)

Apabila guru ingin mengetahui seberapa minat peserta didik dalam pembelajaran, Pengetahuan peserta didik sebelum melakukan pembelajaran (apersepsi) Dapat menggunakan fitur ini.

itulah postingan tentang materi simulasi digital pokok bahasan Fitur Rumah Belajar dan Fitur Edmodo pada Simulasi Digital (Simdig) Kelas X Kurikulum 2013 SMK yang semoga bermanfaat untuk referensi dan bahan belajar. salam pendidikan.

1 Response to "Fitur Rumah Belajar dan Fitur Edmodo pada Simulasi Digital (Simdig) Kelas X Kurikulum 2013 SMK"