Pengertian Simulasi 3D dan Fungsi Simulasi Visual Mapel Simdig Kelas X SMK

Alhamdulillah posting kembali tentang materi simulasi digital kelas X SMK, kali ini akan kita bahas tentang materi Pengertian Simulasi 3D dan Fungsi Simulasi Visual.

 
#1 Pengertian Simulasi 3D

Simulasi visual 3D ialah simulai yg memiliki dimensi bentuk ruang dan kedalaman pada objek yang di buat. Pengertian grafik 3d merupakan sebuah titik, garis, gambar yang saling menghubungkan membentuk jaring-jaring sehinggamenjadi sebuah bentuk 3D.

Software pengolah grafis yang di pakai dalam simulasi 3D misalnya blender, 3dsmax lightwave, dan lainnya. Komputer grafik 3d adalah perkembangan atau penyempurnaan dari komputer grafik 2D.

Dengan adaya komputer g rafik 3D membuat setiap gambar atau animasi menjadi lebih hidup, karena menyerupai aslinya. Sebagai contoh adalah aniamsi Toy story, Monster Inc, Final fantasy, finding Nemo, dan sebagainya yang menggunakan komputer grafik 3D.

Grafik komputer merupakan visualisasi dari data geometri 3 dimensi. Suatu gambar3d apabila dilihat dengan bantuan sinar dari arah tertentu, maka akan terlihat bayangan di permukaan gambar.

       Secara umum 3d dapat didefinisikan sebagai bentuk suatu objek yang memiliki dimensi panjang, lebih dan tinggi yang digambarkan dalam bentuk suatu objek yang digambarkan dalam bentuk digital.

Objek yang trgambar yang hasilnya 3d memiliki titik kordinat sumbu x (datar), sumbu y (tegak), dan sumbu z (miring). Dalam proses pembuatanya yaitu grafik komputer 3D terdiri dari tiga tahapan, yaitu 3d model yang mendeskripsikan bentuk suatu objek dan animasi yang mendeskripsikan gerakanya.

Kedua adalah tata letak suatu objek, dan ketiga adalah 3d rendering yang memproduksi image berdasarkan objek tersebut.

Perbedaan antara grafik komputer 2d bersifat datar atau flat sementara grafik komputer 3D memiliki volume bentuk.

        Setiap proses pekerjaan simulasi visual3d dikerjakan dengan media komputer, mulai dari modeling, texturing, lighting sampai rendering. Adapula karakteristik visual 3d adalah sebagai berikut.

a.    Gambaran objek tiruan dapat dilihat dari berbagai sudut dan arah,kanan-kiri-atas-bawah-depan dan belakang,(point of view).

b.     Kordinat x, y, dan z yang berhubungan dan membentuk ruang.

c.     Karena kordinat yang saling terhubung dan membentuk ruang maka memiliki dimensi panjang, lebar, an tinggi.

d.     Frame layar lebih luas dibandingkan dengan fram 2D.

e.     Menggunakan efek cahaya, bayangan dan pantulan sehingga terlihat banyak efek cahaya.

f.     Dalam pewarnaan objek, warna dan gardasi yang digunakan lebih kompleks.

#2 Fungsi simulasi visual

      Manusia memiliki naluri untuk ingin selalu berkomunikasi. Dengan berkomunikasi,manusia bisa menyampaikan gagasannya kepada orang lain. Sering kali gagasan tersebut dalam bentuk visal, karena mudah dimengerti dan di ingat.

Sejarah telah mencatat bahwa manusia telah mengomunikasikan ide dalam bentuk visual. Hal ini membuktikan bahwa manusia merupakan makhluk yang mudah mencerna dan mengingat makna dari suatu pesan melalui visual dibanding teks.

0 Response to "Pengertian Simulasi 3D dan Fungsi Simulasi Visual Mapel Simdig Kelas X SMK"

Post a comment