Bentuk dan Contoh Komunikasi Dalam Jaringan Syncrounus

inilah materi simulasi digital (simdig) tentang Bentuk dan Contoh Komunikasi Dalam Jaringan Syncrounus.

Seperti yang telah diungkapkan diatas, bentuk komunikasi ada dua yaitu, text dan video chat.

A. Text Chat

      text chat merupakan sebuah fitur,fasilitas,aplikasi atau program dalam suatu jaringan komputer (internet) sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung selama pengguna sama-sama terkoneksi dengan internet dalam bentuk text.

komunkasi tersebut memungkinkan seseorang mengirim pesan dalam bentuk teks kepada pengguna lain.kemudian orang yang dituju membalasnya secara langsung.demikian seterusnya,dan itulah yang disebut dengan teks chat.

keberadaan fitur teks chat tidak hanya populer di kalangan remaja, namun juga anak-anak hingga orang dewasa dengan chatting, memungkinkan seseorang dapat berbincang apa saja misalnya pekerjaan, persahabatan , pelajaran sekolah, tugas, dan sebagainya.

Secara sederhana teks chat didefinisikan sebagai suatu aplikasi dimana pengguna dapat melakukan komunukasi dengan pengguna lainya menggunakan teks. Aplikasi yang sering igunakan untuk text chat di antaranya yahoo, messenger, instant messaging, Gtalks,facebook, Mirc dan sebagainya.

text chat merupakan bagian dari chatting-chatting berarti berbicara dengan orang lain dengan menggunakan komputer. Suara yang dihasilkan,biasanya digantikan dengan teks yang diketik. (Haryadi,2010:2), akan tetapi,

dengan berkembangnya teknologi multimedia komputer ,chatting tidak hanya dalam bentuk teks melainkan juga dalam video. secara detailnya chatting dapat didefinisikan sebagai menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan orang lain.

B. Video chat

berbeda halnya dengan text chat,dalam berkomunikasi dapat juga menggunakan teks dan audio dan video yang disebut video chat . video chat merupakan komunikasi yang dapat memanfaatkan audio dan video di saat yang bersamaan.

Dengan menggunakan video chat memungkinkan seseorang terhubung dan  berkomunikasi secara real time di tempat yang berbeda, meski jarak jauh video chat menggunakan beberapa perangkat sistem jaringan komputer, meskipun ada pula yang menggunakan tablet dan semarphone (telepon video chatting).

video chat adalah salah satu media komunikasi yang memberikan kemudahan pengguna untuk dapat melihat wajah lawan bicara dalam chatting dengan menggunakan kamera yang terdapat di netebook atau perangkat komputer, (http://tersory 28 maret 2014,08 43 WIB).

Aplikasi yang sering digunakan dalam berkomunikasi chatting video diantaranya adalah skype, facetime, carnirog, facefook, MSN, dan Google hangoule.apabila text chat tidak menggunakan kamera atau webcame sebagai media untuk merekam audiou dan video,maka dalam vedeo chat webcame merupakan hal yang metlak.

tanpa webcame video chat tidak dapat berfungsi. sering kali video chat disamakan dengan video conference dalam melakukan komunikasi lebih mengacu pada multipoin,yaitu pengguna tiga atau lebih di saat yang bersamaan.dan tujuannya ialah untuk bisnis.

Sementara,video chatting hanya digunakan untuk komunikasi satu ke satu panggilan audio dan video melalui perangkat lunak.

itulah materi simulasi digital (simdig) tentang Bentuk dan Contoh Komunikasi Dalam Jaringan Syncrounus yang semoga bermanfaat.

0 Response to "Bentuk dan Contoh Komunikasi Dalam Jaringan Syncrounus"

Post a Comment