Konfigurasi Access Point TP-LINK TL-WA601G / 108M

Pada pembelajaran kali ini, siswa mempelajari bagaimana cara Konfigurasi Access Point TP-LINK TL-WA601G / 108M yang nantinya dipraktekkan secara individu.

nah, sebelum melangkah ke tutorial terlebih dahulu kita kenali overview produk acces point TP-LINK TL-WA601G / 108M INI.

Perlu diketahui bahwa produk Access Point TP-LINK TL-WA601G / 108M ini sebenarnya sudah tidak diproduksi lagi dipasaran. sehingga anda dapat mengantinya dengan produk sejenis TPLink TL-WA500G, TPLink TL-WA701ND atau TPLink TL-WA5110G untuk mempraktekannya yah sob.

TP Link TL-WA601G dapat berfungsi sebagai Access Point, Repeater Mode (WDS / Universal), Bridge dan AP+Bridge.

Access Point dengan sery TP Link TL-WA601G ini dilengkapi dengan port antena sehingga bisa ditambahkan antena eksternal seperti antena omni atau yang lain untuk memperkuat sensitivitas sinyal dan jangkauannya (area) dalam menerima (sebagai repeater/bridge) maupun sebaliknya dalam mengeluarkan sinyal radio wi-fi (AP Mode).

Perangkat akses point TP-LINK TL-WA601G / 108M ini juga sudah dilengkapi fitur PoE (Power on Ethernet) dalam tiap paket penjualannya.

Kali ini konfigurasi Access Point TP-Link 108M menggunakan Sistem Operasi Windows, lebih tepatnya Windows 7.

Pada dasarnya konfigurasi menggunakan OS Windows tidak jauh berbeda dengan konfigurasi menggunkan OS Linux, tetapi ada beberapa langkah yang berbeda.

Nah di bawah ini merupakan cara konfigurasinya.

1. Pertama pastikan Access Point telah ter-reset.

2. Pastikan AP sudah menyala. Lalu hubungkan AP dengan PC (sebagai konfigurator/ administrator), menggunakan kabel LAN.

3. lihat IP Default AP (Biasanya ada di bawah AP atau pada Box AP, untuk TP-LINK 108M : 192.168.1.254).

4. Jika sudah, setting IP PC yang satu jaringan dengan IP AP (Misal : 192.168.1.100).

5. Cek koneksi antara PC konfigurator dengan AP, caranya buka terminal di windows, dan ketikkan "ping 192.168.1.254", tekan enter. Jika reply berarti telah tersambung.

6. Setelah itu buka browser pada PC tersebut. lalu ketikkan IP Acces Point pada Address Bar. Lalu kita diminta untuk memasukkan Username dan Password default (Username : admin, Password : admin). Bisa dilihat di bawah AP atau pada Box AP.

7. Kemudian dari situ kita bisa melihat Konfigurasi dari AP. Dibawah ini terdapat keterangannya. Dalam konfigurasi AP tidak hanya itu saja tetapi masih banyak konfigurasi lain.

Konfigurasi di atas  merupakan konfigurasi yang dasar. Dan kita harus memperhatikan kebutuhan kegunaan Access Point saat mengonfigurasinya.

8. Test ping ke google untuk cek internet sharing

Selesai...

Bagaimana mudah kan? Selamat mencoba yah... :)

0 Response to "Konfigurasi Access Point TP-LINK TL-WA601G / 108M"

Post a Comment