Definisi Firewall dan Macam - Macam Firewall

Bissmillah, alhamdulillah bisa posting untuk kegiatan belajar mengajar siswa kelas XII dengan materi Definisi Firewall dan Macam - Macam Firewall.

Definisi Firewall dan Macam - Macam Firewall
Definisi Firewall dan Macam - Macam Firewall
Definisi Firewall : Firewall merupakan sebuah perangkat yang diletakkan antara Internet dengan jaringan internal. Informasi yang keluar atau masuk harus melalui firewall ini.

Tujuan adanya firewall adalah untuk menjaga (prevent) agar akses (ke dalam maupun ke luar) dari orang yang tidak berwenang (unauthorized access) tidak dapat dilakukan.

Secara konseptual terdapat 2 macam firewall:

1. Network Level

mendasarkan keputusan pada alamat sumber, alamat tujuan dan port yang terdapat dalam setiap paket IP.

2. Application Firewall

Host yang berjalan sebagai proxy server, yang tidak mengijinkan lalulintas antar jaringan dan melakukan logging dan auditing lalulintas yang melaluinya.

•  Firewall bekerja dengan mengamati paket IP 

(Internet Protocol) yang melewatinya. Berdasarkan konfigurasi dari firewall maka akses dapat diatur

berdasarkan IP address, port, dan arah informasi. Detail dari konfigurasi bergantung kepada masing-masing firewall.

• Firewall dapat berupa sebuah perangkat keras yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu, sehingga pemakai (administrator) tinggal melakukan konfigurasi dari firewall tersebut.

• Firewall juga dapat berupa perangkat lunak yang ditambahkan kepada sebuah server (baik UNIX maupun Windows NT), yang dikonfigurasi menjadi firewall.

Untuk menjaga fungsi komunikasi jaringan dalam lingkungan yang ber-firewall, dilakukan dua cara :

1. Packet filtering

mekanisme pengontrolan data yang diperbolehkan mengalir dari dan atau ke jaringan internal dengan menggunakan beberapa paremeter yang tercantum dalam header paket  data: arah (inbound atau outbond), address asal dan tujuan, port asal dan tujuan serta jenis protokol transport. seperti telnet dan SMTP (Single Mail Transport Protocol).

(slide 19)

0 Response to "Definisi Firewall dan Macam - Macam Firewall"

Post a Comment