Komponen Pendukung Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Komponen Pendukung Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Sistem jaringan komputer ialah suatu rangkain komponen atau unsur-unsur yang saling  terkait, yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainya yang saling mendukung dalam bekerja untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Komponen-komponen tersebut saling mendukung satu dengan yang lainya .lalu,apa tujuan yang ingin dicapai komunikasi dalam jaringan?

pada materi sebelumnya telah dibahs tentang tujuan komunikasi dalam jaringan,masih ingatkah kamu?

komponen-komponen komunikasi dalam jaringan dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut.

1. KOMPONEN KOMUNIKASI DATA

   Komunikasi data terdiri dari komponen-komponen. Berikut penjelasanya.

a.  Pesan (message),yaitu informasi atau data yang dikirim atau diterima.

b. Pengirim (sender), yaitu peralatan yang digunakan untuk mengirim pesan. Alat ini tidak hanya berbentuk komputer, bisa juga kamera , smartphone, tablet, dan lainya .

c.  Penerima (receiver), merupakan alat yang berfungsi sebagai penerima pesan yang dikirim oleh pengirim .

d.  Perantara (medium), yaitu media transmisi yang berfungsi sebagai perantara untuk mengantarkan pesan dari pengirim ke penerima. Ada banyak macam perantara dalam komunikasi data, diantaranya ialah fiber optic, gelombang radio , UTP, dan lainya . 

e.    Protocol, ialah sekumpulan aturan yang berfungsi mengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data antarkomputer di dalam jaringan internet, yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. 

2. KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER

    Komponen jaringan komputer diklasifikasikan menjadi komponen hardware dan komponen software. Berikut penjelasan dari kedua komponen tersebut 

a.  Komponen hardware 

      Komponen hardware merupakan perangkat keras yang secara kasat mata atau fisik dapat dilihat dan disentuh dan berfungsi untuk mendukung  proses komputerisasi . komponen hardware terdiri dari masukan, proses, dan keluaran . Berkaitan dengan komponen komunikasi jaringan , komponen hardware terdiri dari personal computer(PC) , network interface card , kabel , dan topologi jaringan.

b.  Komponen software

Software merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan hardware . software memiliki manfaat yang besar , misalnya unruk mengontrol hardware , mengolah data , analisis data, menghasilkan data , dan sebainya.

Software dapat diklasifikasikan menjadi dua , yaitu system operation yaitu software yang berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dan komputer, misalnya Windows7, Windows 8, Linux.

Sedangkan aplication ialah software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. System operasi jaringan ,network adapter driver , dan protocol jaringan .

Pengembangan Wawasan

      Untuk menambah pengetahuanmu tentang komunikasi dalam jaringan (daring/online), lakukanlah hal berikut !

1. Membaca kutipan artikel berikut.

Di era digital , cukup banyak kepala Negara dan kepala pemerintahan disejumlah Negara memanfaatkan media sosial sebagai salah satu alat komunikasi.

mantan presiden republik Indonesia susilo bambang yudiyono, misalnya, memanfaatkan facebook, twiter,dan youtube sebagai salah satu cara untuk menyampaikan pendapat tentang isu-isu terkini.

Sebelum media sosial popiler , para pemimpin Negara lebih sering memanfaatkan televisi dan radio . namun , kini media sosial menyediakan semuanya, tidak hanya dalam bentuk teks, tetapi juga dalam bentuk foto dan video .

selain itu, presiden Amerika Serikat Barack Obama memanfaatkan betul media sosial untuk alat komunikasi dengan rakyat Amerika Serikat . jumlah yang me-like satu posting Obama bisa mencapai ratusan ribu orang .

Topiknya macam –macam , dari isu lapangan kerja ,kenaikan upah,kesehatan, pendidikan ,sampai masalah perubahan iklim . Obama juga memberi ruang bagi rakyatnya untuk berkomentar. (http://nasional.kompas.com, 4 juli 2015, 08.58 WIB)

2. Membaca refensi lainya seperti artikel ,jurnal, makalah,dan penelitian lainya tentang komunikasi daring .

3. Melakukan pengamatan ,bertanya,mengeksplorasi, mengasosiasi , dan mengomunikasikan untuk menunjang pembelajaran yang berkaitan dengan komunikasi dalam jaringan (daring/online).

0 Response to "Komponen Pendukung Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)"

Post a Comment