Istilah Teknik Pengambilan Gambar, Camera Angle dan Framing di Simulasi Digital

Istilah Teknik Pengambilan Gambar, Camera Angle dan Framing di Simulasi Digital - Ukuran gambar biasanya dikaitkan dengan tujuan pengambilan gambar, tingkat emosi, situasi dan kodisi objek. Ukuran pengambilan gambar selalu berkaitan dengan ukuran tubuh manusia. Terdapat bermacam-macam istilah antara lain sebagai berikut.

Teknik Pengambilan Gambar, Camera Angle dan Framing di Simulasi Digital :

1. Establishing Shot
shot pembuka dari suatu adegan yang memperlihatkan tempat dan waktu adegan itu berlangsung.

Istilah Teknik Pengambilan Gambar, Camera Angle dan Framing di Simulasi Digital
Establishing Shot

2. Extreme Long Shot (ELS)
gambar diambil dari jarak sangat jauh, yang ditonjolkan bukan objek lagi tetapi latar belakangnya. Dengan demikian dapat diketahui posisi objek tersebut terhadap lingkungannya.

Extreme Long Shot (ELS)
Extreme Long Shot (ELS)

3. Very Long Shot (VLS)
menunjukkan subjek yang berada di tengah lingkungan sekitarnya. Dalam ukuran VLS ini, lingkungan di sekitar objek lebih dominan. VLS akan menampilkan panorama yang akan memenuhi layar.

Very Long Shot (VLS)
Very Long Shot (VLS)

4. Long Shoot (LS)
pengambilan secara keseluruhan tubuh dari kepala sampai kaki. Gambar diambil dari jarak jauh, seluruh objek terkena hingga latar belakang objek.

Long Shoot (LS)
Long Shoot (LS)


5. Full Shot (FS)
pengambilan gambar objek secara penuh dari kepala sampai kaki.

Full Shot (FS)
Full Shot (FS)


6. Medium Long Shot (MLS)
gambar diambil dari jarak yang wajar, sehingga jika misalnya terdapat 3 objek maka seluruhnya akan terlihat. Bila objeknya satu orang maka tampak dari kepala sampai lutut.

Medium Long Shot (MLS)
Medium Long Shot (MLS)


7. Knee Shot (KS)
pengambilan gambar objek dari kepala hingga lutut.

Knee Shot (KS)
Knee Shot (KS)

8. Wide Angle (sudut lebar)
ukuran pengambilan gambar yang memasukkan keadaan sekeliling, jadi sudut lebar akan memberikan pandangan atas keseluruhan keadaan.

Wide Angle (sudut lebar)
Wide Angle (sudut lebar)

9. Mid Shot (MS)
menunjukkan mulai bagian kepala sampai pinggul. Ukuran MS berfungsi untuk menunjukkan siapa yang sedang melakukan aksi.

Mid Shot (MS)
Mid Shot (MS)

10. Medium Close Up (MCU)
menunjukkan mulai bagian kepala sampai bahu. Ini merupakan standar pengambilan gambar dalam wawancara.

Medium Close Up (MCU)
Medium Close Up (MCU)

11. Close Up (CU)
gambar diambil dari jarak dekat. Dalam merekam suatu gambar subjek yang tengah melakukan aksi, maka CU berfungsi untuk memfokuskan sebuah aksi yang tengah dilakukan. Hanya sebagian dari objek yang terlihat seperti hanya mukanya saja atau sepasang kaki yang bersepatu baru.

Close Up (CU)
Close Up (CU)


12. Big Close Up (BCU)
pengambilan gambar wajah yang memenuhi layar penampilan gambar.

Big Close Up (BCU)
Big Close Up (BCU)


13. Extreme Close Up (ECU)
pengambilan gambar yang terlihat sangat detail seperti hidung pemain atau bibir atau ujung tumit dari sepatu.
Extreme Close Up (ECU)
Extreme Close Up (ECU)

14. One Shot (1S)
Pengambilan gambar satu objek.

One Shot (1S)
One Shot (1S)


15. Two Shot (2S)
pengambilan gambar dua orang.

Two Shot (2S)
Two Shot (2S)

16. Three Shot (3S)
pengambilan gambar tiga orang.

Three Shot (3S)
Three Shot (3S)

17. Group Shot (GS)
pengambilan gambar sekelompok orang.

Group Shot (GS)
Group Shot (GS)

Demikian semoga artikel tentang Istilah Teknik Pengambilan Gambar, Camera Angle dan Framing di Simulasi Digital bisa bermanfaat. Salam.

1 Response to "Istilah Teknik Pengambilan Gambar, Camera Angle dan Framing di Simulasi Digital"