Contoh Kumpulan Soal Essay Fisika Kelas X dan XI SMK Semester 1

Contoh Kumpulan Soal-soal Fisika Kelas X dan XI SMK Semester 1 - assalamu'alaikum wr. wb. selamat pagi sahabat guru indonesia! apa kabar? semoga anda dan keluarga dalam keadaan sehat dan bahagia. aamiin. kali ini saya akan berbagi soal-soal fisika semester 1 untuk kelals X SMK.

1. Dua buah benda muatan masing-masing C dan C berada di udara pada jarak 50 cm satu sama lain. Tentukan nilai gaya Coulombnya!

2.  Tentukan nilai kapasitas kapasitor penggantinya pada gambar di bawah ini!

3.  Suatu titik 20 cm dari kawat yang berarus listrik 5 A. Tentukan besarnya induksi magnet dititik tersebut!

4.  Sebuah kawat yang panjangnya 4m dilewatkan pada medan magnet  T. Jika arus mengalir pada kawat tersebut 2 A. (arus mengalir menjauhi pembaca dan medan magnet bergerak kea rah kiri), tentukan:

a.   Besar gaya Lorentz
b.  Arah gaya lorentz

5.  Sebuah transformator memiliki lilitan primer 200 lilitan dan kumparan sekunder 800 lilitan. Pada kumparan primer diberi tegangan 75 volt dengan arus 2 A. Jika efisiensi trafo 80%, berapakah arus pada kumparan sekunder dan daya sekunder?

6.        Perhatikan gambar di bawah ini!
Pada gambar di atas masing-masing konstanta pegas nilainya sama yaitu 5 N/m. Tentukan nilai konstanta pegas total tersebut!

7.  Sebatang kawat dengan luas penampang m2 ditarik oleh pasangan gaya sebesar 4 N, sehingga kawat itu bertambah panjang m. Jika panjang kawat mula-mula  m, maka hitunglah modulus elastisitasnya!

8.  Di dalam aquarium yang kedalaman airnya 40 cm, terlihat seekor ikan berada sejauh 15 cm dari dasar aquarium. Tentukan tekanan hidrostatisnya!

9.  Suatu pegas dengan konstanta 1000 N/m kemudian ditarik ke bawah dengan gaya 100 N. Maka tentukan nilai pertambahan panjang pegas tersebut!

10.  Gaya sebesar 250 N dipakai untuk memukul bola voli. Jika selang waktu tangan mengenai bola 2 sekon, maka berapakah besarnya impuls tersebut?

0 Response to "Contoh Kumpulan Soal Essay Fisika Kelas X dan XI SMK Semester 1"

Post a Comment