Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender pada Simulasi Digital Kelas X SMK

Alhamdulillahirrabbil'alamiin di pagi hari yang sejuk ini bisa berjumpa lagi dan masih diberikan kesempatan untuk beribadah dalam keadaan sehat wal afiat. kali ini saya akan menuliskan tentang Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender yang mudah-mudahan bermanfaat bagi guru produktif SMK utamanya yang mengajar Mata pelajaran simulasi digital atau simdig di kelas X.

Apa itu Software Blender?
 
Blender adalah aplikasi grafis 3D yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas (open source) di bawah GNU General Public License. Blender dapat digunakan untuk modeling, UV unwrapping, texturing, rigging, water simulations, skinning, animating, rendering, particle, dan simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat interactive 3D applications, termasuk games.

Blender 3D tersedia untuk sejumlah Operating System (OS) antara lain: Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Features yang termasuk dalam software Blender ini di antaranya Photorealistic Rendering, Modelling, Realistic Materials, Rigging, Animation, Sculpting, UV Unwrapping, Compositor, Simulations, Game Creation, Camera and Object Tracking, Library of Extensions, Flexible Interface, File Formats (dapat dilihat dari link http://www.blender.org/features/).
 
Sejarah Blender

Blender tercipta dari komunitas pecinta animasi dari berbagai latar belakang. Mereka beraliansi membuat sebuah software yang free (open source) dan bebas dikembangkan. Blender digagas oleh Ton Roosendaal (Belanda).

Mulanya Ton Roosendaal mendirikan studio animasi (1988-2002) kemudian Blender menjadi software shareware animation, di tahun yang sama Ton Roosendaal mendirikan Blender institute. Sejak periode 2002 sampai sekarang, Blender selalu update fitur, interface dan performanya, sehingga kemampuan Blender untuk digunakan produksi animasi tidak diragukan, terbukti dengan hasil open movie beberapa film keluaran sintel (Blender Institute).

Instalasi Aplikasi Blender

Dalam instalasi Blender, terlebih dahulu memilih system type computer. Jika menggunakan OS Windows terdapat 32 bit dan 64 bit, maka dalam proses instalasi kita harus menggunakan aplikasi yang sesuai. Untuk mengetahui tipe OS Windows 32 bit atau 64 bit dilakukan dengan cara klik start, pilih computer, klik kanan, pilih properties.

Tidak hanya bisa dijalankan di OS Windows, Blender juga menyediakan aplikasi untuk Mac OS dan Linux. Pengguna diminta untuk menggunakan aplikasi instalasi Blender sesuai dengan OS yang digunakan di komputer.

Langkah #1 Siapkan installer Blender (dapat di download dari link http://www.blender.org/)

Langkah #2 Buka aplikasi Blender.

Langkah #3 Install aplikasi Blender dan tekan Next.

Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender

Langkah #4 Pilih I Agree.

Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender

Langkah #5 Berikan tanda centang ( ✓) semua check box tersebut kemudian tekan next.

Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender

Langkah #6 Keluar tampilan seperti gambar di bawah ini lalu pilih install.

Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender

Langkah #7 Tunggu proses instalasi Blender sampai selesai lalu tekan Finish.

Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender

Selesai...

mudah bukan cara installnya?? Demikian semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengenalan Blender dan Cara Instalasi Aplikasi Blender pada Simulasi Digital Kelas X SMK"

Post a Comment