Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran di Kelas

inilah Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran di Kelas yang wajib diketahui bagi guru.

Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran di Kelas
Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran di Kelas


Saudara mahasiswa,dalam kegiatan belajar 1 anda sudah memperlajari hakikat pembelajaran.dengan memahami hakikat pembelajaran anda menguasai kemampuan yang diharapkan.dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, kita selalu berhubungan degan istilah pendekatan, strategi, metode, dan teknik.

keempat istilah tersebut sering digunakan secara rancu atau kurang pada tempatnya.agar  anda dapat merancang dan melaksanakan  pembelajaran  secara efektif dan tepat, anda diharapkan untuk mampu  membedakan keempat istilah tersebut.berkenaan dengan itu,dalam kegiatan belajar 2 ini kita akan membahas tentang pendekatan,strategi,metode,dan pembelajaran.

Sebelum kita membahas pengertian pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, coba anda perhatikan skenarionpembelajaran berikut.
Ibu tuti rosiati, guru kelas v suatu sekolah dasar, pada suatu hari mengerjakan mata pelajaran sains dengan topik perambatan panas, dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Setelah semua siswanya duduk dengan tertib pada tempat duduk mereka masing-masing dan berdoa , bu tuti memberikan penjelasan singkat tentang topik, kompetensi yang diharapkan, dan prosedur pembelajaran yang akan dilakukan.
selajutnya, siswa diminta menyiapkan alat-alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan myang sebelumya telah disediakan guru. Di bawah bimbingan guru, setiap kelompok siswa dengan penuh perhatian melakukan percobaan tentang perambatan panas.setiap kelompok mencatat setiap  peristiwa yang mereka amati dengan dipandu pertanyaan-pertanyaan yang tercantum pada lembar kerja siswa atau modul siswa.pada akhir percobaan, setiap kelompok mengambil kesimpulan tentang perambatan panas melalui diskusi yang di lakukan dalam kehidupan masing-masing  selanjutnya, setiap kelompok diminta bu tuti untuk melaporkan hasil pengamatan  Dan hasil diskusi kelompok lain diminta untuk menanggapinya  dan terjadinya diskusi kelas yang dipimpin guru. setelah semua kelompok memberikan laporan, bu tuti meminta para siswa mengambil kesimpulan dari hasil percobaan yang telah mereka lakukan dan bu tuti menuliskannya pada papan tulis.kegiatan tersebut diakhiri dengan mengidentifikasi jenis-jenis peralatan rumah dan peralatan di lingkungan sekitar siswa yang dalam penggunaannya menerapkan prinsip-prinsip perambatan panas melalui tanya jawab.sebagai tugas terstruktur, bu tuti meminta setiap siswa membaca uraian tentang perambatan panas dari berbagai buku dan dibuat rangkumannya serta dilaporkan pada jam pelajaran sains berikutnya.

Sesuai dengan pengetahuan yang anda milik tentang konsep pendekatan,strategi,metode ,dan teknik pembelajaran,coba anda cermati skenario pembelajaran tersebut dan jawablah pertanyaan berikut.

1. pendekatan apa yang diterapkan bu tuti dalam pembelajaran tersebut?

2. strategi,metode,dan teknik pembelajaran apa yang digunakan bu tuti dalam pembelajaran tersebut?

Tulislah jawaban anda pada sehelai kertas,kemudian anda cocokkan dengan pembahasan kita tentang istilah pendekatan,strategi,metode,dan teknik pembelajaran tersebut?

Dalam pembahasan mengenai implementasi kurikulum atau proses pembelajaran selalu ditemukan istilah strategi,metode,dan teknik pembelajaran.kita sering mendengar atau membaca bahkan menggunakan istilah-istilah tersebut.akan tetapi tatkala ditanya tentang perbedaan keempat istilah tersebut,kita sering mendapatkan kesulitan menjelaskannya.

Dalam implementasi kurikulum,pendekatan,strategi,metode,dan teknik pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan,karena suatu pendekatan tertentu yang digunakan dalam implementasi  kurikulum membawa implikasi terhadap penggunaan strategi, metode,dan teknik pembelajaran tertentu pula.

Kembali pada persoalan kita tentang perbedaan pendekatan,strategi,metode,teknik pembelajaran,walaupun secara konseptual dapat kita kemukakan,akan tetapi istilah-istilah tersebut sering digunakan secara berganti-ganti untuk hal yang sama.

Sebagai contoh diskusi walaupun sering disebut sebagai metode akan tetapi kadang-kadang disebut pula sebagai strategi. Demikian pula halnya dengan ceramah,simulasi,inkuiri,eksperimen,dan sebagainya,kadang-kadang disebut sebagai metode kadang-kadangdisebut sebagai metode kadang-kadang disebut pula sebagai strategi.

Penggunanan istilah-istilah tersebut bergantung pada orang yang menggunakannya. Bahkan inkuiri kadang-kadang disebut sebagai metode kadang sebagai strategi,bahkan kadang-kadang  disebut pula sebagai pendekatan. Untuk itu,kita perlu mendudukkan keempat istilah tersebut dengan tepat.

A.  PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Menurut Joni (1992/1993) pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Dengan demikian,dapat dikemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara memandang terhadap pembelajaran.

sebagai contah,pendekatan sistem memandang pembelajaran terdiri atas unsur-unsur yang saling berkaitan dan memiliki hubungan sistematis.dengan menerapkan pendekatan sistem,guru hendaknya merancanag dan melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan hubungan antarkomponen pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.pendekatan siswa aktif memandang pembelajaran akan terjadi apabila siswa terlibat dalam pembelajaran.

dengan menerapan  pendekatan siswa aktif dalam pembelajaran,guru hendaknya mengembangkan pembelajaran yang memungkinkan dapat dijadikan wahana bagi siswa untuk terlibat aktif dalam memahami berbagi kekomleksan dunia.

killen (1998) mengemukakan dua pendekatan utama dalam pembelajaran ,yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru (teacher-centered) dan pendekatan yang berpusat pada aktivitas siswa (students-centered).

B. strategi pembelajaran
 
Bila guru telah mengambil keputusan tentang pendekatan yang akan diterapkan dalam pembelajarannya, maka langkah selanjutkan adalah menentukan strategi yang akan digunakan.menurut joni (1992/1993) strategi adalah ilmu atau kiat dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

dimyati &seodjono (tim dosen mkdk kurikulum dan pembelajaran,1996) mengemukakan bahwa strategi
Dalam pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari kompenen pembentukan sistem pembelajaran.dalam hal ini guru menggunakan siasat tertentu.lebih lanjut dikemukakan bahwa penentuan strategi pembelajaran tidak hanya dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran,tetapi juga dalam pembelajaran.strategi pembelajaran pada dimensi ini tercermin pada saat guru mengembangkan rancangan pembelajaran .

sementara itu, dalam dimensi pelaksanaan,strategi pembelajaran merupakan upaya mengaktualisasikan berbagai gagasan yang telah di rancang dengan memodifikasi dan memberikan perlaku yang selaras dan bersiasat sehingga komponen-komponen pembelajaran berfungsi mengembangkan potensi siswa berbagai jenis strategi pembelajaran akan anda pelajari pada kegiatan belajaran 4 modul ini.

Joni(1992/1993)  mengemukakan bahwa yang menjadi acuan utama dalam penentuan strategi pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran.oleh karena itu ,segala kegiatan pembelajaran yang dilakukan yang tidak berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran tidak dapat merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran yang efektif,guru harus memiliki khasanah metode pembelajaran yang kaya.

C. METODE PEMBELAJARAN

Dalam bahasa inggris ,method berarti cara.apabila kita kaitkan dengan pembelajaran,metode adalah cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa.karena metode lebih menekkan pada peran guru,istilah metode sering digandengkan dengan kata mengajar.

yaitu metode mengajar.(1992/1993)mengemukakan bahwa metode adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu .

beberapa bentuk metode mengajar yang kita kenal adalah ceramah,diskusi,tanya jawab,simulasi,pemberian tugas,kerja kelompok,demonstrasi (modelling) eksperimen,pemecahan masalah inkuiri,dan sebagainya.ceramah merupakan cara yang umum sesuai untuk menyampaikan informasi.

diskusi  merupakan cara yang umum sesuai untuk menggali berbagai gagasan atau ide dari berbagai pihak. Sekarang muncul pertanyaan , bagaimana langkah-langkah atau prosedur penggunaan suatu metode. Setiap metode mengajar memilik langkah-langkah atau prosedur penggunaannya tersendiei dan hal ini akan dibahas serta didiskusikan pada modul yang lain.

D. TEKNIK PEMBELAJARAN

     Teknik pembelajaran mengacu pada ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu, seperti kemempuan dan kebiasaan guru, ketersediaan peralatan, kesiapan siswa, dan sebagainya (Joni, 1992/1993).

Misalnya, apabila kita akan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, apakah guru akan menyampaikan informasi dari awal sampai akhir kegiatan, ataukah akan diselingi dengan tanya jawab, atau dengan menggunakan alat peraga, dan sebagainya.

Contoh lainnya, apabila kita akan menggunakan metode diskusi, apakah diskusi akan dilakukan dalam kelompok besar, kelompok kecil, ataukah berpasangan; apakah informasi atau petugas yang harus didiskusikan disajikan melalui penjelasan guru atau diberikan dalam bentuk lembaran kerja.

     Teknik pembelajaran merupakan wujud konkret dari penggunaan metode, strategi dan pendekatan pembelajaran. Dari langkah-langkah atau teknik pembelajaran, kita dapat mengetahui metode, strategi, dan pendekatan yang digunakan dalam suatu prosese pembelajaran.

     Dengan memperhatikan pembahasan tersebut,bagaimana jawaban anda terhadap skenario pembelajaran yang dilaksanakan bu tuti.coba kita cermati.

kita mulai dari metode yang digunakan.ya,tidak hanya satu metode mengajar yang digunakan bu tuti dalam pembelajaran.metode mengajar mengajar utama yang diterapakan dalam pembelajaran tersebut adalah inkuiri.Sementara itu,metode mengajar pelengkapannya adalah ceramah,tanya jawab,diskusi,dan penugasan.

Bagaimana dengan teknik yang digunakan dalam menerapkan metode inkuiri?kegiatan percobaan dilakukan secara berkelompok dan pertunjuk atau tugas yang harus dilakukan siswa melalui percobaan disajikan pada lembar kerja.

Anda cermati teknik yang digunakan dalam menerapkan metode diskusi.dengan memperhatikan teknik dan metode yang diterapkan dalam pembelajaran tersebut,anda akan dapat menyimpulkan strategi yang digunakan guru dalam merancang dan melasanakan pembelajaran.

Kalau kita cermati pembelajaran yang dilaksanakan bu tuti,pendekatan apa yang diterapkan bu tuti dalampembelajaran tersebut? ya,memang sukar untuk menentukan pendekatan yang ditetapkan dari skenario pembelajaran.kita harus bertanya pada bu tuti,apa yang melandasi perancangan pembelajaran tersebut.

apakah pembelajarannya dipandang sebagai suatu sistem sehingga segala upaya yang dirancang dan dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran,ataukah pembelajaran dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga proses belajar terjadi pada diri siswa (pendekatan belajar aktif).

Dari pembahasan tersebut jelas kiranya bahwa antara pendekata, strategi, metode, dan teknik pembelajaran tidak dapat dipisahkan , walaupun secara konseptual dapat dibedakan.

yang penting untuk diingat bahwa suatu kegiatan pembelajaran baik penggal kegiatan maupun kegiatan utuh mempelajari tidak mungkin hanya di wujudkan oleh penggunaan satu metode, meskipun metode tersebut telah mampu ditampilkan dalam teknik pembelajaran yang efektif.suatu pembelajaran menuntut pemanfaat berbagai metode dan teknik, baik pada tahap perancangan maupun penyesuaian-penyuasaian yang dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung.

itulah postingan tentang Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran di Kelas yang wajib diketahui bagi guru yang semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta keterampilan kita sebagai guru supaya lebih profesional untuk mencerdaskan anak bangsa.

0 Response to "Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran di Kelas"

Post a Comment