TAHAP PRAPRODUKSI VIDEO UNTUK BRANDING DAN MARKETING SIMULASI DIGITAL


Praproduksi merupakan tahapan perencanaan dalam pembuatan video atau dapat dikatakan tahapan praproduksi adalah tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi.

Kerjakan kegiatan 6.1 berikut ini sebelum mempelajari materi tahap pra produksi video untuk branding dan marketing!

Kegiatan 6.1
 
Judul kegiatan : Berlatih menjelaskan tahapan praproduksi video

Jenis kegiatan : Tugas  kelompok 

Tujuan : peserta didik dapat berlatih mengidentifikasi tahapan praproduksi penerapan video dengan tepat Untuk dapat mengerjakan kegiatan 6. kamu dapat mengikuti langakah-langkah berikut dengan tepat!

1. bagilah kelasmu menjadi beberapa kelompok dengan adil!

2. bacalah beberapa buku yang   membahas tentang tahapan praproduksi video misalnya karangan Saputra, dkk tahun 2013 tentang presentasi video!

3. untuk menjawab rasa ingin tahumu,bertanyalah kepada teman sebangkumu atau gurumu dengan berani ! 

4. lakukan wawancara berkaitan denagn tahapan praproduksi video!

5. asosiasilah peranan tahapan praproduksi video untuk menciptakan yang berkualitas!

6. catatlah informasi yang dapat mendukung peranan tahapan praproduksi untuk menciptakan video yang berkualitas!

7. komunikasikan karyamu ke depan kelas dengan percakapan

Secara garis besar tahapan praproduksi bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu agar proses produksi dapat berjalan sesuai dengan konsep dan mengendalikan suatu karya digital video sesuai harapan ( Saputra 2013.157).

Selanjutnya saputra (2013) menjelaskan langkah-langkah dalam tahapan praproduksi meliputi ide,sinopsis, naskah, dan pencahayaan sederhana.

1. IDE DAN GAGASAN
        
Ide atau gagasan menyebutkan timbulnya konsep yang merupakan  dasar bsgi semua macam ilmu pengetahuan. Ide timbul atas dasar pemikiran tentang suatu produk tertentu. Ide merupakan suatu yang sangat penting dalam mendukung kehidupan manusia.

Maka dari itu, untuk membuat sebauh video presentasi harus dimulai dengan menciptakan ide atau gagasan.

Karena ide merupakan pondasi atau landasan utama dalam keseluruhan proses pembuatan video,hal yang perlu di perhatikan adalah sasaran pembuatan video tersebut dan untuk apa video presentasi tersebut. Jangan sampai sasaran dan tujuan video tersebut salah.

Untuk memperoleh video dengan kualitas yang baik maka di perlukan ide atau gagasan yang cemerlang

2. SINOPSIS

Berdasarkan ide maka terciptalah sinopsis. Sinopsis ialah rangkaian peristiwa yang di kisahkan dalam bentuk uraian yang singkat dan jelas. Sinopsis dapat pula diartikan sebagai alur cerita video yang di jelaskan dalam bentuk teks yang jelas sehingga orang yang menyaksikan video tersebut memahami jalanya cerita .

tujuan di perlukannya sinopsis ialah untuk meningkatkan kemampuan penulis supaya alur cerita pada video yang di produksinya lebih teratah.

Pada sinopsis terjadi pemendekan alur cerita cerita dengan tetap mempertahankan inti atau alur ceritanya. Untuk itu di perlakukan sinopsis supaya presentasi video memiliki alur cerita yang mudah di pahami. Dengan adanya sinopsis ini juga dapat mempermudah dalam pembuatan naskah cerita pada video.

3. NASKAH

Naskah merupakan kumpulan teks yang berisi alur cerita dalam suatu dialog (penulisan sebauh naskah berdasarkan ketentuan, aturan yang sudah lazim, dan sudah di sepakati) (saputra, 2013: 157). Naskah berisi alur cerita atau skenario sebuah video. 

Menurut sasono, skenario itu harus memenuhi persyaratan teknis yang layakk. Sebagai alat bantu, skenarioitu tetap memiliki aturan-aturan dalam menyajikan hal-hal teknis seperti: penyajian, plot, deskripsi visual (sekalipun terbatas), pemilihan kata dan sebbagainya.

Hanya skenario yang memiliki syarat-syarat inilah yang mampu menghadirkan nilai tambah literer ketika dibaca terpisah dan filmnya,(pramudia,hlm.3). Naskah dalam pembuatan presentasi video dibuat supaya presenter mengerti secara detail tentang materi apa yang akan disampaikan 

4. PENCAHAYAAN SEDERHANA

Dalam pembuatan video pencahayaan perlu di perhatikan. Pencahayaan dibuat sesederhana mungkin selama pengambilan video berlangsung. Saat pengambilan video, disarankan terdapat tiga sumber cahaya, subjek harus menghadap sumber cahaya utama, dan sumber cahaya yang lain berada disebelah kanan dan kiri.

0 Response to "TAHAP PRAPRODUKSI VIDEO UNTUK BRANDING DAN MARKETING SIMULASI DIGITAL"

Post a Comment