Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #1)

Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender yang dapat anda praktekkan sendiri sebagai latihan membuat animasis sederhana menggunakan software blender.

nah, kali ini karakter Minion 3D yang akan kita buat kurang lebih hasilnya nanti seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #1)

karena saking panjang lebarnya tutorial inni, maka saya bagi ke dalam 3 postingan, part 1, part 2 dan part 3.

okeh, disini akan langsung dibahas mengenai bagaimana sih membuat model 3D dengan menggunakan aplikasi blender.langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pertama buka aplikasi blender yang telah terinstall dikomputer, disini saya menggunakan versi 2.65. Jadi untuk yang menggunakan versi terbaru yang blender 2.72, 2.73 sama saja.


2. Secara default ketika membuka blender maka akan ada objek kubus, hapus objek tersebut dengan menggunakan tombol X lalu pilih delete.


3. Untuk memudahkan kita dalam melihat objek, kita split layar menjadi 3 bagian. Dengan cara klik dan drag tanda garis diujung atas sebelah kanan dan disebelah kanan bawah.



4. Di jendela kedua kita bisa masukkan gambar contoh. Dengan klik ikon kubus dan pilih UV/Image Editor. Klik image>open image untuk memilih gambar.

gambar 4.a.
gambar 4.b.


5. Setelah itu buat objek baru dengan menekan tombol kombinasi SHIFT + A, lalu pilih Mesh>UV Sphere.


6. Ketika membuat model 3D dengan blender adalah perlu diperhatikan posisi koordinat X,Y,Z. Disini kita tekan Numpad+1 untuk mengubah arah pandang terhadap Z dan X.


7. Lalu klik tab modifier -> add modifier -> Subdivision Surface


8. Lalu tambahkan subdivisionnya menjadi 2, agar objek terlihat lebih bulat.


9. Agar objek lebih halus permukaannya maka tambahkan smooth dimenu samping kiri.


10. Masuk ke Edit Mode dengan menekan Tab, lalu pilih face select. Seperti berikut. Perhatikan juga mode select dari ketiga ini karena penting.

Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #1)
Mode Object
Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #1)

11. Lalu tekan A untuk deselect, disini saya akan menghapus setengah dari objek. Caranya tekan B untuk menyelekasi bagian, arahkan ke tengah objek bola, klik dan drag mouse sampai terseleksi setengah dari objek bola. Pastikan kita menyeleksi setengah objek itu tanpa ada bagian yang tertinggal. Jika ada bagian yang tertinggal kita cukup tekan SHIFT+KLIK bagian yang ingin kita select.


 
12. Ketika sudah terseleksi tekan X -> Faces untuk menghapus bagian tersebut.
 

13. Klik modifier -> add modifier -> Mirror

14. Selanjutnya membuat objek bulat menjadi berbentuk seperti kapsul, select ¼ bagian dengan tekan tombol B>klik dan drag pada bagian yang ingin diselect.

15. Tarik garis Z keatas sehingga membentuk seperti kapsul.



16. Tekan CTRL+R lalu scroll mouse untuk menambahkan bagian seleksi pada objek. Sesuaikan dengan kebutuhan.


17. Seleksi lagi bagian atas untuk lalu tekan S>tekan Z untuk merendahkan bagian atas dengan patokan sumbu Z. Lakukan hal yang sama pada bagian bawah objeknya.



18. Atur  bagian bawah dengan select bagian garis yang kurang rapi dan tekan G 2x lalu arahkan mouse keatas.




19. Berikan warna pada bagian tubuh dengan warna kuning, klik Material>klik tanda + >ganti nama dengan yellow (agar lebih mudah nantinya)>pilih warna kuning.



20. Selanjutnya kita akan membuat bagian mulut, tekan Tab pada objek tubuh untuk select.



21. Pilih mode face select dan pilih bagian yang akan diselect.


22. untuk lebih memudahkan saya zoom bagian yang akan dibuat mulut, lalu tekan E dan tarik kedalam sedikit lalu enter, tekan E lagi dan baru tarik sampai terbentuk mulut. Proses extrude sengaja dilakukan 2x agar hasil terlihat lebih rapi.



23. tambahkan material baru untuk bagian mulut. Disini saya memberi material tersebut dengan nama black_flat, dan pilih warna hitam.

24. jika sudah maka akan seperti ini hasilnya.


25. kita buat agar mulut terkesan tersenyum dengan klik salah satu




26. selanjutnya membuat bagian gigi, masuk ke mode faces lalu select bagian atas mulut. Tekan SHIFT+D>Enter>Tekan P>Selection  untuk menduplikat bagian yang diselect.


27. ketika sudah di duplikat dan memudahkan dalam membuat bagian yang lainnya kita perlu memberi nama pada setiap bagian. Maka rubah nama yang ada di bagian outline kita ganti dari Sphere.001>tooth dan Sphere>body


untuk langkah selanjutnya klik pada part #2 postingan selanjutnya : Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #2)

0 Response to "Cara Membuat Animasi Karakter Minion 3 Dimensi di Software Blender (Part #1)"

Post a Comment