Assalamu'alaikum Wr. Wb. nah, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang bagaimana Cara Menerapkan Fitur Camera Animation di Blender Pada Tahap Produksi.
Dalam Menerapkan Fitur Aplikasi Pengolah Simulasi Visual - Tahap Produksi: Camera Animation, pertama-tama kita harus paham tentang tujuan pembelajaran yang akan kita pelajari. diantaranya adalah sebagai berikut.
#1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu:
• menjelaskan camera animation,
• melakukan camera animation dengan object constraint.
#2. Apa itu Camera Animation??
Camera Animation atau menganimasikan kamera merupakan sebuah teknik animasi lanjut, animasi ini secara teknis adalah menggerakkan kamera, animasi teknik kamera ini juga sering digunakan dalam membuat animasi terlihat lebih dinamis.
Berikut ini akan dijelaskan tentang teknis animasi kamera dengan menggunakan object constraint.
Praktik Fitur Camera Animation di Blender
• Bukalah aplikasi Blender.
• Kita akan menggunakan objek kubus sebagai objek yang akan di bidik oleh kamera.
• Posisikan cursor ke center, caranya SHIFT + S kemudian pilih cursor to center. Hal ini dimaksudkan agar saat kita menambahkan objek baru posisi objek berada di tengah.
Gambar II-233 Cursor Berada di Posisi Center
• Tambahkan object circle caranya SHIFT A kemudian pilih curve lalu pilih circle.
• Lakukan perubahan ukuran pada circle, tekan S lalu geser mouse sehingga lingkaran (circle) membesar.
Gambar II-234 Cirle Dilakukan Perubahan Ukuran Menjadi Lebih Besar
• Tarik circle pada sumbu z (ke atas), jalur lingkaran ini akan menjadi garis kamera berputar dan objek berada di posisi bawah.
Gambar II-235 Circle Ditarik Kesumbu Z
Jika dilihat pada view front ortho akan tampak seperti berikut ini
Gambar II-236 Circle Tampak di Atas Objek
• Seleksi kamera, kemudian lakukan reset rotasi, lokasi, dan skala dengan menggunakan shortcut Alt R, Alt G, Alt S.
• Pilih constraint (ikon rantai pada properties) kemudian pilih add constraint pilih follow path.
Gambar II-237 Pilih Folow Path
• Kemudian pilih target bezier circle
Gambar II-238 Bezier Circle
• Seleksi camera dan cube (multiple selection) SHIFT Klik Kanan
• Kemudian tentukan track animasi dengan cara Ctrl + T pilih track to Constraint
Gambar II-239 Track To Constraint
• Pilih mode animation, untuk menggerakkan animasi kamera
Gambar II-240 Mode Animation
• Tentukan frame animasi start 1 sampai 200
Gambar II-241 Frame Animation
• Pilih objek data pada properties, kemudian scrool ke bawah cari path animation tentukan frame 100, evaluation time (double click) ubah menjadi 0, kemudian tekan huruf I untuk menandai keyframe. Pastikan sampai form berwarna kuning.
Gambar II-242 Path Animation
• Kemudian atur end frame 200 tekan i. Maka kamera akan mengitari posisi
objek .
Gambar II-243 Kamera Mengitari Objek
• Langkah terakhir Anda bisa bisa langsung render.
Rangkuman
• Camera Animation atau animasi kamera adalah sebuah teknik animasi yang menggerakkan kamera. Teknik ini juga sering digunakan dalam membuat agar animasi terlihat lebih dinamis.
itulah materi tentang Cara Menerapkan Fitur Camera Animation di Blender Pada Tahap Produksi yang semoga bermanfaat. salam guru indonesia..., SMK bisa, SMK luar biasa!
0 Response to "Cara Menerapkan Fitur Camera Animation di Blender Pada Tahap Produksi"
Post a Comment