Tahap Produksi Video Untuk Branding dan Marketing : Menggunakan Kamera atau Handycam

inilah Tahap Produksi Video Untuk Branding dan Marketing yang diajarkan dalam materi simulasi digital (simdig) kelas X untuk SMK baik RPL maupun TKJ, dan Multimedia.

Hal yang harus di persiapkan dalam proses produksi diantaranya sebagai berikut :

a. Komputer atau Laptop
b. Alat pengambil gambar (kamera,handycam,handphone)
c. Screen Video
d. Mikrofon

Alat Penangkap Gambar

Perekaman video dapat menggunakan alat yang sederhana,misalnya kamera,handycam,dan handphone.

Menggunakan Kamera atau Handycam

Kamera merupakan alat yang berfungsi untuk merekam adegan yang diarahkan oleh sutradara dan divisualisasikan oleh pemain yang melakukan adegan-adegan.

Kamera di operasikan oleh kameraamen,dan untuk menjadi kameraamen perlu mengetahui karakteristik dari kamera yang digunakan,jenisnya,teknik memegangnya,teknik pengambilan gambar,dan unsur yang diambil.ada 8 unsur yang perlu di perhatikan dalam pengambilan video dengan kamera.

1) Cara memegang kamera

Gunakanlah satu tangan untuk mengoperasikan kontrol zoom,dan dan tangan satunya untuk menjaga keseimbangan kamera. Pastikan kamera dapat di gerakkan ke berbagai posisi,bergantung pada sudut pengambilan gambar. Bila perlu,gunakan tripod untuk menjaga kestabilannyaa.
 
2) Zoom

Gunakan kontrol zoom seperlunya,dan hindarkan pengambilan objek yang luas untuk melakukan zoom tanpa menggunakan tripod.

3) Suara

Apabila tidak menggunakan earphone maka kamera akan merekam suara yg tidak diperlukan,maka hindari berbicara saat merekam

4) Peraturan 10 Detik

Ketika proses merekam hindarkan dari pergerakkan yg tdk di perlukan,dan merekam usahakan kurang dari 10 detik.hal ini akan memudahkan editor dalam mengambil potongan-potongan video yg di perlukan.

5) Panning dan Tilting

Paning adalah proses menggerakkan kamera ke kiri dan kanan secara horizontal ( kedudukan kamera kekal hanya arah rekaman bertukar).

Tilting adlh menggerakkan kamera secara vertical.gunakan panimg dan tilting secukupnya,apabila ingin hasil video dengan sudut pengambilan yg berbeda.gunakan panning dan tilting sehalus mungkin. Jangan ada gerakan mendadak dengan rantang 3-5 detik.

6) Fokus, Exposure, dan Keseimbangan Warna

Bila menggunakan zoom,baik jauh atau dekat,pastikan focus pada jarak yang ideal ke objek yang diambil. Periksalah exposure serta cobalah untuk meerekam objek yang sama secara manual dan otomatis untuk memperoleh objek yg maksimal

7) Tanggal dan Waktu

Tanggal dan waktu yg tertera di video tidsk menjamin video yg di ambil pada tanggal dan waktu itu,kemungkinan seseorang dapat mengubah tanggal tersebut. Hal yg perlu diperhatikan adlh pada awal merekam,menjelaskan kapan gambar tsb direkam dan lokasi perekaman. Hal inilah yg dapat menginformasikan secara permanen informasi waktu dan tempat perekaman.

8) Gambar Persegi ( Cutaways )

Apabila merekam suatu benda,wawancara,kegiatan atau yg lainnya jangan lupa untuk merekam objek yg lebih luas. Jangan lupa untuk merekam bukit atau gunung yang mengalami tanah longsor. Hal ini akan membuat sebuah video lebih informatif.

0 Response to "Tahap Produksi Video Untuk Branding dan Marketing : Menggunakan Kamera atau Handycam"

Post a Comment