Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender

Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

semoga anda keluarga sehat slalu yaaah...... pada kali ini saya bermaksud sharetentang software blender pada mata pelajaran simulasi digital kelas 10 yaitu Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation.

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu: 

• menjelaskan  camera animation,

• melakukan camera animation dengan object constraint.
 
1. Camera Animation

Camera Animation atau menganimasikan kamera merupakan sebuah teknik animasi lanjut, animasi ini secara teknis adalah menggerakkan kamera, animasi teknik kamera ini juga sering digunakan dalam membuat animasi terlihat lebih dinamis.

Berikut ini akan dijelaskan tentang teknis animasi kamera dengan menggunakan object constraint. 

Praktik :

• Bukalah aplikasi Blender.

• Kita akan menggunakan objek  kubus sebagai objek  yang akan di bidik oleh kamera.
• Posisikan cursor ke center, caranya SHIFT + S kemudian pilih cursor to center. Hal ini dimaksudkan agar saat kita menambahkan objek  baru posisi objek  berada di tengah.

Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-233 Cursor Berada di Posisi Center

• Tambahkan object circle caranya SHIFT A kemudian pilih curve lalu pilih circle. 

• Lakukan perubahan ukuran pada circle, tekan S lalu geser mouse sehingga lingkaran (circle) membesar.

Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-234 Cirle Dilakukan Perubahan Ukuran Menjadi Lebih Besar 

• Tarik circle pada sumbu z (ke atas), jalur lingkaran ini akan menjadi garis kamera berputar dan objek  berada di posisi bawah.

Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-235 Circle Ditarik Kesumbu Z 

Jika dilihat pada view front ortho akan tampak seperti berikut ini.



Gambar II-236 Circle Tampak di Atas Objek 

• Seleksi kamera, kemudian lakukan reset rotasi, lokasi, dan skala dengan menggunakan shortcut Alt R, Alt G, Alt S. 

• Pilih constraint (ikon rantai pada properties) kemudian pilih add constraint
pilih follow path.

Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-237 Pilih Folow Path 

• Kemudian pilih target bezier circle

Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-238 Bezier Circle 

• Seleksi camera dan cube (multiple selection) SHIFT  Klik Kanan
• Kemudian tentukan track animasi dengan cara Ctrl + T pilih track to Constraint.

Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-240 Mode Animation 

• Tentukan frame animasi start 1 sampai 200

• Pilih mode animation, untuk menggerakkan animasi kamera

Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-240 Mode Animation 

• Tentukan frame animasi start 1 sampai 200 Pilih objek data pada properties, kemudian scrool ke bawah cari path animation tentukan frame 100, evaluation time (double click) ubah menjadi 0,
kemudian tekan huruf I untuk menandai keyframe. Pastikan sampai form berwarna kuning.
Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender


Gambar II-242 Path Animation

• Kemudian atur end frame 200 tekan i. Maka kamera akan mengitari posisi
objek.

itulah postingan tentang Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Materi Camera Animation pada Software Blender"

Post a Comment