Modeling Membuat Objek Penangkal/ Penyangga Lengan Kopling pada Software Blender 3D step by step untuk anda yang sedang mempelajari software blender.
Pemodelan (Modelling) adalah proses membuatobjek sebagai wujud ide yang akan dikomunikasikan. Dalam buku ini pemodelan dicontohkan dengan pembuatan objek kopling. Objek kopling ini adalah visualisasi pendukung dari presentasi video yang telah dibahas pada kegiatan belajar sebelumnya.
Berikut adalah panduan langkah membuat pemodelan objek kopling. Pada visualisasi konsep, memvisualkan kasus bagaimana cara kerja kopling pada sepeda motor yang meliputi beberapa tahapan visualisasi, antara lain :
• Pemodelan Objek Kopling (Modelling)
• Pewarnaan Objek Kopling (Material)
• Penulangan Objek Kopling (Rigging)
• Menganimasikan Objek Kopling (Animation)
Untuk membuat pemodelan objek kopling, tahapan yang harus dilakukan ialah membuat bagian-bagian objek kopling terlebih dahulu dengan menggunakan bentuk dasar yang ada pada aplikasi Blender.
Pemodelan (Modelling) adalah proses membuatobjek sebagai wujud ide yang akan dikomunikasikan. Dalam buku ini pemodelan dicontohkan dengan pembuatan objek kopling. Objek kopling ini adalah visualisasi pendukung dari presentasi video yang telah dibahas pada kegiatan belajar sebelumnya.
Berikut adalah panduan langkah membuat pemodelan objek kopling. Pada visualisasi konsep, memvisualkan kasus bagaimana cara kerja kopling pada sepeda motor yang meliputi beberapa tahapan visualisasi, antara lain :
• Pemodelan Objek Kopling (Modelling)
• Pewarnaan Objek Kopling (Material)
• Penulangan Objek Kopling (Rigging)
• Menganimasikan Objek Kopling (Animation)
Untuk membuat pemodelan objek kopling, tahapan yang harus dilakukan ialah membuat bagian-bagian objek kopling terlebih dahulu dengan menggunakan bentuk dasar yang ada pada aplikasi Blender.
Gambar II-98 Model 3D Objek Kopling Manual
Praktik Membuat objek penangkal/penyangga lengan kopling
Nah, pada postingan kali kita akan mencoba focus pada pembuatan objek penangkal/ penyangga lengan kopling. Kopling manual memiliki beberapa bagian objek. Salah satunya adalah Membuat objek penangkal/ penyangga lengan kopling.
Gambar II-99 Urutan Pemodelan Objek Kopling
Bukalah aplikasi Blender
Membuat objek penangkal/penyangga lengan kopling
1. Untuk membuat bagian objek penangkal/penyangga lengan kopling manual Anda dapat menggunakan bentuk dasar berupa silinder, yang berarti Anda dapat menghapus objek default aplikasi Blender yang berupa kubus dengan langkah Klik Kanan pada objek kubus -> Delete.
Bukalah aplikasi Blender
Membuat objek penangkal/penyangga lengan kopling
1. Untuk membuat bagian objek penangkal/penyangga lengan kopling manual Anda dapat menggunakan bentuk dasar berupa silinder, yang berarti Anda dapat menghapus objek default aplikasi Blender yang berupa kubus dengan langkah Klik Kanan pada objek kubus -> Delete.
Selanjutnya anda dapat menambahkan objek silinder dengan langkah, Add -> Mesh -> Cylinder.
Gambar II-100 Menambahkan Objek Cylinder
2. Anda dapat menambahkan volume ketinggian objek silinder sesuai sumbu z, dengan menekan tombol S -> Z.
Gambar II-101 Perubahan Ukuran Objek
3. Tambahkan kembali objek silinder untuk membuat objek lainnya, dengan langkah Add -> Mesh -> Cylinder. Lakukanlah rotasi objek sehingga berputar 90 derajat sesuai sumbu x, dengan menekan tombol R -> X -> 90.
3. Tambahkan kembali objek silinder untuk membuat objek lainnya, dengan langkah Add -> Mesh -> Cylinder. Lakukanlah rotasi objek sehingga berputar 90 derajat sesuai sumbu x, dengan menekan tombol R -> X -> 90.
Gambar II-102 Melakukan Rotasi Objek
4. Untuk dapat mengubah bentuk objek melalui proses pengeditan sehingga sesuai dengan ilustrasi di atas Anda dapat mengubah fitur Object Mode -> Edit Mode.
Gambar II-103 Edit Mode
5. Lakukan pengeditan objek tersebut dengan menggunakan fitur Face untuk mempermudah proses penambahan dan pengeditan permukaan objek, dengan memilih ikon face.
6. Anda dapat menseleksi bagian permukaan objek, lalu lakukan Extrude yaitu penambahan bagian permukaan dengan menekan tombol E.
Gambar II-104 Melakukan Extrude
7. Lakukanlah pemotongan garis dengan menekan tombol CTRL+ R, dekatkan kursor mouse pada bagian yang diberikan potongan garis.
Gambar II-105 Melakukan Loop Cut
Secara otomatis muncul lingkaran garis berwarna ungu, selanjutnya anda dapat menekan double klik kiri pada mouse apabila posisi garis tepat pada posisi yang diinginkan.
8. Ubahlah ukuran garis menjadi lebih besar dengan menekan tombol S pada keyboard.
Gambar II-106 Perubahan Ukuran Garis
9. Lakukan kembali pemotongan garis melingkar (Loop Cut) dengan menekan tombol CTRL + R dibagian selanjutnya, kemudian besarkan kembali dengan menekan tombol S.
Gambar II-107 Loop Cut
10. Ubahlah kembali fitur Edit Mode -> Object Mode untuk dapat menambahkan dan mengedit objek yang lain, atau dapat langsung menekan shortcut TAB pada keyboard.
11. Selanjutnya anda dapat mengubah ukuran objek tersebut menjadi lebih kecil.
Gambar II-108 Perubahan Ukuran Objek
12. Lakukan perpindahan lokasi pada objek dengan menarik salah satu arah panah dengan menahan klik kiri, pindahkan lokasi objek tersebut seperti gambar berikut.
Gambar II-109 Perpindahan Lokasi Objek
itulah postingan tentang Modeling Membuat Objek Penangkal/ Penyangga Lengan Kopling di Blender yang semoga bermanfaat. untuk postingan berikutnya melanjutkan bagian lengan kopling.
0 Response to "Modeling Membuat Objek Penangkal/ Penyangga Lengan Kopling di Blender"
Post a Comment