Menerapkan Fitur Subdivision Surface, Bevel, dan SolidifyText3D di Aplikasi Blender pada Tahap Produksi

Menerapkan Fitur Subdivision Surface, Bevel, dan SolidifyText3D di Aplikasi Blender pada Tahap Produksi yang merupakan Kegiatan Belajar 8 dalam ebook simulasi digital (simdig) kelas X semester 2 SMK.

Dalam Materi Simdg tentang Menerapkan Fitur Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Produksi yang meliputi fitur Subdivision Surface, Bevel, dan Solidify Text 3D untuk latihan dasar bagi pemula yang sedang belajar software blender 3d.

blender 3d, yang merupakan software untuk membuat animasi 3 dimensi dengan gratis karena open source.

A. Tujuan Pembelajaran
 
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu:

• menjelaskan  fungsi fitur dan memanfatkan Subdivison surface;

• menjelaskan  fungsi fitur dan memanfatkan Bevel;

• menjelaskan  fungsi fitur dan memanfatkan Solidify Text 3D.

B. Uraian Materi

1. Subdivision Surface
 
Dalam pemodelan objek permukaanya terlihat kasar sehingga perlu untuk menghaluskanya. Blender telah menyiapkan fitur untuk membuat permukaan objek menjadi lebih halus yaitu dengan fitur Subdivision Surface.

Fitur Subdivision surface pada aplikasi blender 3d akan menghaluskan permukaan. Permukaan halus dapat dibuat dari bagian yang kasar memperhatikan batas rekursif  yang terbagi pada masing-masing bagian poligonal menjadi bagian yang lebih luwes, mendekati permukaan halus.

Letak posisi Subdivisionsurface ada pada fitur Modifier yang terdapat pada Menu Properties.

Properties Object Modifier
 Gambar II-82 Properties Object Modifier

Subdivision Surface
Gambar II-83 Memilih Subdivision Surface

Perbandingan antara output sebelum dan setelah menggunakan fitur subdivision surface dapat terlihat setelah Anda praktikkan.

Praktik Penerapan fitur Subdivision surface pada aplikasi blender 3d:

1. Seleksi objek yang akan dihaluskan kemudian pilih object modifier, pilih subdivision surface
UV Sphere Sebelum dan Setelah Dihaluskan Dengan Subdivision Surface

Gambar II-84 UV Sphere Sebelum dan Setelah Dihaluskan Dengan Subdivision Surface

2. Anda dapat  mengatur tingkat kehalusannya di Subdivision Surface pada properties dengan mengubah angka view dan render. Semakin halus modelling objek, kerja komputer juga akan menjadi berat.
Properties -> Add Modifier -> Subdivision Surface

Gambar II-85 Properties -> Add Modifier -> Subdivision Surface
Contoh Silinder Yang Sudah Diberi Penulangan dan di Add Modifier -> Subdivision Surface

Gambar II-86 Contoh Silinder Yang Sudah Diberi Penulangan dan di Add Modifier -> Subdivision Surface

2. Bevel
 
Teknik bevel dipakai untuk menghaluskan sudut objek yang sebelumnya runcing menjadi lebih halus.

Praktik Bevel :

1.   Siapkan objek sederhana berbentuk kubus.
Cube (Object Mode)

Gambar II-87 Cube (Object Mode)

2. Agar dapat memberikan lekukan pada sudut objek kubus, ubahlah fitur ObjectMode menjadi Editmode. Hal tersebut dilakukan untu masuk dalam proses pengeditan model.

Tekan A untuk menghilangkan seleksi pada objek.
Cube Pada Posisi (Edit Mode)

Gambar II-88 Cube Pada Posisi (Edit Mode)

3. Pilih salah satu fitur garis yang disebut Edge pada menu yang terdapat di atas timeline.

Memilih Edge(Seleksi Garis)

Gambar II-89 Memilih Edge(Seleksi Garis)

4. Klik Kanan pada garis yang terdapat pada sudut objek kubus tersebut.
Menyeleksi Garis Menggunakan Edge

Gambar II-90 Menyeleksi Garis Menggunakan Edge

5. Lakukan trik pada garis sudut objek kubus tersebut dengan menekan Ctrl+B, geser mouse ke kiri/kanan untuk mengatur skala lekukan pada objek tersebut. 

6. ScrollUp/Down pada mouse untuk menambahkan banyaknya potongan garis pada lekukan. Semakin banyak potongan garis akan semakin halus lekukan yang dibuat.
Melakukan Perintah Shift B Untuk Membuat Lengkungan

Gambar II-91 Melakukan Perintah Shift B Untuk Membuat Lengkungan

3. Solidify Text 3D

Efek solidify merupakan fitur untuk menambahkan ketegasan teks agar mempunyai volume.

Praktik

1. Buatlah sebuah teks dengan langkah, pilih Add -> Text.

Menambahkan Text

Gambar II-92 Menambahkan Text

2. Ubahlah teks tersebut dengan mengubah fitur ObjectMode menjadi Edit Mode. Untuk menghapus huruf pada teks dapat menggunakan tombol Backspace.
Mengganti Text Pada Mode Edit Mode

Gambar II-93 Mengganti Text Pada Mode Edit Mode

3. Ubah kembali fitur menjadi Object Mode agar dapat diberikan efek Solidify. Selanjutnya gunakan efek Solidify pada fitur Modifier yang terdapat pada Menu Properties. Fungsinya adalah untuk memberikan ketegasan pada bagian tepi teks/objek tersebut.

Memilih Object Modifier

Gambar II-94 Memilih Object Modifier

4. Pilih Modifier AddModifier Solidify.

Memilih Solidify

Gambar II-95 Memilih Solidify

5. Aturlah Thicknesspada Solidify tersebut. Semakin besar thickness maka akan semakin besar pula kekuatan Solidify pada bagian tepi teks.

Mengatur Thickness

Gambar II-96 Mengatur Thickness

6. Akan tampak perubahan pada teks setelah diberikan efek Solidify seperti gambar berikut.
Memberikan Efek solidify

Gambar II-97 Memberikan Efek solidify

C. Rangkuman

  • Fitur untuk membuat model menjadi lebih halus yaitu dengan fitur Subdivision surface.
  • Teknik bevel dipakai untuk menghaluskan  sudut objek yang sebelumnya kasar dan runcing menjadi lebih halus.
  • Efek solidify merupakan fitur untuk menambahkan ketegasan teks agar mempunyai volume.

D. Tugas
 
1. Buatlah objek dengan menggunakan fitur subdivison surface! 

2. Buatlah objek dengan menggunakan fitur bevel! 

3. Buatlah text dengan menggunakan fitur solidify! 


E. Tes Formatif
 
Jawablah pertanyaan di bawah ini! Apabila ada pertanyaan yang belum bisa Anda jawab, bacalah kembali uraian di atas.

1. Jelaskan langkah-langkah menggunakan fitur subdivison surface!

2. Jelaskan langkah-langkah menggunakan fitur bevel!

3. Jelaskan langkah-langkah menggunakan fitur solidifytext!

Sudahkah Anda menguasai seluruh materi di atas?

F. Lembar Jawaban Tes Formatif
 
1. Langkah-langkah menggunakan fitur subdivison surface

2. Langkah-langkah menggunakan fitur bevel

3. Langkah-langkah menggunakan fitur solidify text

Demikian Materi Simdg tentang Menerapkan Fitur Aplikasi Pengolah Simulasi Visual Tahap Produksi yang meliputi fitur Subdivision Surface, Bevel, dan Solidify Text 3D yang semoga bermanfaat.

0 Response to "Menerapkan Fitur Subdivision Surface, Bevel, dan SolidifyText3D di Aplikasi Blender pada Tahap Produksi"

Post a Comment