RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK KURTILAS
Satuan Pendidikan : SMK AL-IRSYAD TEGAL
Mata Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. KOMPETENSI DASAR
3.4. Menerapkan pengetahuan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
4.4. Mendemontrasikan hasil pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4.1. Menjelaskan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
3.4.2. Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji
4.4.1. Meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi sesuai contoh.
4.4.2. Mendemontrasikan presentasi berdasarkan tugas dari guru
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi dengan benar dan santun.
2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi dengan benar dan santun.
3. Disediakan perangkat lunak presentasi, peserta didik dapat meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi berdasarkan contoh dengan rasa percaya diri.
4. Disediakan peralatan presentasi, peserta didik dapat mendemontrasikan presentasi berdasarkan tugas dari guru dengan rasa percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengatur tata letak slide
2. Mengatur keserasian design
3. Menyisipkan gambar dalam slide
4. Membuat animasi slide
5. Menyisipkan file multimedia.
F. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru bersama siswa menyanyikan lagu Indonesia raya.
Guru mengecek kehadiran siswa
Guru menanyakan tentang aplikasi apa yang digunakan untuk membuat tayangan berupa slide
Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi”.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu bertanya jawab, berkelompok dan diskusi.
Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
20 menit
Inti 1. Stimulas
2. Identifikasi Masalah
3. Pengumpulan data
4. Pembuktian
5. Menarik Kesimpulan/ Generalisasi Pada awal pembelajaran, guru menayangkan slide gambar tentang berbagai jenis presentasi dengan tema yang menarik.
Siswa mengamati gambar
Siswa membaca buku prosedur pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi tersebut
Siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang berhubunangan dengan jenis-jenis presentasi
• Siswa mengidentifikasi prosedur Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentas dari hasil diskusi dan buku.
• Siswa menggali informasi prosedur tentang pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi
• Siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
• Siswa menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan prosedur pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi (mengkomunikasi)
100
Menit
Penutup : Merangkum materi pembelajan
(RPP) SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK KURTILAS
Satuan Pendidikan : SMK AL-IRSYAD TEGAL
Mata Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas / Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. KOMPETENSI DASAR
3.4. Menerapkan pengetahuan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
4.4. Mendemontrasikan hasil pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4.1. Menjelaskan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
3.4.2. Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji
4.4.1. Meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi sesuai contoh.
4.4.2. Mendemontrasikan presentasi berdasarkan tugas dari guru
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat menjelaskan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi dengan benar dan santun.
2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi dengan benar dan santun.
3. Disediakan perangkat lunak presentasi, peserta didik dapat meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi berdasarkan contoh dengan rasa percaya diri.
4. Disediakan peralatan presentasi, peserta didik dapat mendemontrasikan presentasi berdasarkan tugas dari guru dengan rasa percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengatur tata letak slide
2. Mengatur keserasian design
3. Menyisipkan gambar dalam slide
4. Membuat animasi slide
5. Menyisipkan file multimedia.
F. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Sintak Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru bersama siswa menyanyikan lagu Indonesia raya.
Guru mengecek kehadiran siswa
Guru menanyakan tentang aplikasi apa yang digunakan untuk membuat tayangan berupa slide
Guru menginformasikan materi yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi”.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu bertanya jawab, berkelompok dan diskusi.
Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan dan keterampilan
20 menit
Inti 1. Stimulas
2. Identifikasi Masalah
3. Pengumpulan data
4. Pembuktian
5. Menarik Kesimpulan/ Generalisasi Pada awal pembelajaran, guru menayangkan slide gambar tentang berbagai jenis presentasi dengan tema yang menarik.
Siswa mengamati gambar
Siswa membaca buku prosedur pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi tersebut
Siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang berhubunangan dengan jenis-jenis presentasi
• Siswa mengidentifikasi prosedur Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentas dari hasil diskusi dan buku.
• Siswa menggali informasi prosedur tentang pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi
• Siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
• Siswa menyampaikan pada kelompok lain dan menanggapinya berkaitan prosedur pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi (mengkomunikasi)
100
Menit
Penutup : Merangkum materi pembelajan
- Siswa menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
- Memberikan umpan balik pembelajaran
- Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
- Memberikan penugasan. 15 menit
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar Indikator Indikator Soal Jenis Soal Soal
3.4. Menerapkan pengetahuan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi . 3.4.1. Menjelaskan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
3.4.2. Menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi.
2. Siswa dapat menerapkan pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji Tes tulis 1. Jelaskan pengertian tentang pemformatan pada perangkat lunak presentasi!
2. Jelaskan tentang presentasi!
3. Bagaimana mengatur format dokumen teks menjadi sebuah slide yang menarik?
4. Perintah Apa saja yang bisa diterapkan pada pemformatan dokumen presentasi!
Kunci Jawaban Soal:
1. Pengertian pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi adalah fasilitas yang terdapat pada aplikasi presentasi yang berupa menu yang digunakan untuk membuat dokumen yang disajikan dalam bentuk slide.
2. Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi, presentasi dapat diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat ataupun informasi kepada orang lain.
3. Caranya: create new slide pada aplikasi presentasi, ketik atau copykan teks, kemudian berikan efek design dan animations
4. Perintah yang bisa diterapkan pada Pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi adalah :
a. Mengatur tata letak slide.
b. Mengatur keserasian design
c. Menyisipkan gambar dalam slide
d. Membuat animasi slide,
e. Menyisipkan file multimedia.
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai
1. Nilai 4 : jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban
2. Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban
3. Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban
4. Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban
Contoh Pengolahan Nilai
IPK No Soal Skor Penilaian 1 Nilai
1. 1 4 Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK
(14/16) * 100 = 87,50
2. 2 3
3. 3 4
4. 4 3
Jumlah 14
2. Penilaian Keterampilan
1. Tirulah pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi sesuai contoh!
2. Demontrasikan presentasi berdasarkan tugas dari guru!
IPK Kategori
1 2 3 4
- Meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi sesuai contoh.
- Tidak dapat Meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi sesuai contoh. Meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi tetapi belum sesuai contoh. Meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi hampir sesuai contoh.
- Tepat dalam Meniru pemformatan dokumen melalui perangkat lunak presentasi sesuai contoh.
- Mendemontrasikan presentasi berdasarkan tugas dari guru
- Tidak dapat Mendemontrasikan presentasi. Mendemontrasikan presentasi tetapi kurang memenuhi prosedur yang benar. Mendemontrasikan presentasi cukup memenuhi prosedur benar. Tepat dalam Mendemontrasikan presentasi.
Nilai :
Nilai = Skor perolehan : skor maksimum x 100
KEGIATAN PENGAYAAN
• Guru memberikan soal pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
• Guru memberikan penugasan membuat presentasi lengkap dengan membuat tombol navigasi
KEGIATAN REMEDIAL
• Guru mengulang pembelajaran tentang pengertian pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
• Memberikan banyak contoh pembuatan presentasi bagi siswa yang belum mengerti
I. MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
a. Media : Papan tulis
b. Alat/Bahan : LCD, laptop
c. Sumber :
1. Buku Siswa Simulasi Digital Kelas X Jilid 1 Semester Ganjil, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. http://edmodo.simulasidigital.edu
Mengetahui Tegal, 1 Juli 2016
Kepala Sekolah, Guru,
( Muslimah, S.Pd ) ( Supendi, S.Kom)
NIP. NIP.
Nilai = Skor perolehan : skor maksimum x 100
KEGIATAN PENGAYAAN
• Guru memberikan soal pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
• Guru memberikan penugasan membuat presentasi lengkap dengan membuat tombol navigasi
KEGIATAN REMEDIAL
• Guru mengulang pembelajaran tentang pengertian pemformatan dokumen melalui perangkat lunak penyaji presentasi
• Memberikan banyak contoh pembuatan presentasi bagi siswa yang belum mengerti
I. MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
a. Media : Papan tulis
b. Alat/Bahan : LCD, laptop
c. Sumber :
1. Buku Siswa Simulasi Digital Kelas X Jilid 1 Semester Ganjil, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. http://edmodo.simulasidigital.edu
Mengetahui Tegal, 1 Juli 2016
Kepala Sekolah, Guru,
( Muslimah, S.Pd ) ( Supendi, S.Kom)
NIP. NIP.
0 Response to "Contoh RPP Simulasi Digital Kelas X Semester 1 SMK Kurikulum 2013 Tentang Perangkat Lunak Penyaji Presentasi"
Post a Comment