Assalamu’alaikum wr.wb. salam guru Indonesia..!! semoga kabar baik selalu ada di pihak anda, sehat dan bahagia, aamiin. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel sederhana tentang Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Semester 2 untuk para guru produktif baik TKJ maupun RPL di seluruh nusantara Indonesia.
Sebelum saya menulis tentang Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Semester 2 Silahkan download dulu ebooknya. Bagi anda yang mau mendownload buku (ebook) simulasi digital semester 2 silahkan klik dibawah ini.
Sesuai dengan tujuannya, mata pelajaran Simulasi Digital dalam Buku Siswa Jilid 2 memiliki ruang lingkup sebagai berikut.
A. Visualisasi Konsep
Sebelum saya menulis tentang Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Semester 2 Silahkan download dulu ebooknya. Bagi anda yang mau mendownload buku (ebook) simulasi digital semester 2 silahkan klik dibawah ini.
Sesuai dengan tujuannya, mata pelajaran Simulasi Digital dalam Buku Siswa Jilid 2 memiliki ruang lingkup sebagai berikut.
A. Visualisasi Konsep
Melalui Visualisasi Konsep, dimaksudkan siswa memiliki bekal keterampilan teknis untuk:
1. Membuat presentasi video melalui cara video proses; dan
2. Membuat presentasi video melalui simulasi visual.
Melalui video proses yang merupakan proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang ada pada peralatan kamera digital atau camcorder atau telpon genggam, presentasi video memberikan bekal bagi siswa untuk membuat video, terutama untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep.
Bagian tertentu dari presentasi video yang tidak terjangkau dalam rekaman gambar menggunakan video proses, karena alasan teknis atau proses yang ada di dalam, dapat divideokan melalui proses simulasi digital, menggunakan animasi 3D dengan software blender yang free lisense karena open source.
Visualisasi konsep adalah media siswa mengomunikasikan gagasan atau konsep dengan mengekspresikan diri dalam bentuk visualisasi dinamis, bergerak dan diberi audio.
Jangan pernah berhenti menemukan masalah untuk mendapatkan ide.
Jangan pernah berhenti bernalar merumuskan ide menjadi gagasan.
Jangan pernah berhenti bernalar mengemas gagasan menjadi konsep.
Komunikasikan konsep dengan intensitas yang tinggi, massal, dan ‘mendunia’.
B. Buku/Dokumen Digital
Melalui Buku/Dokumen Digital, dimaksudkan siswa memiliki bekal keterampilan teknis untuk memformat naskah menjadi buku/dokumen digital untuk mengomunikasikan gagasan atau konsep. Perkembangan digital memungkinkan mewujudkan buku/dokumen “nirkertas”, yang mudah disimpan, dibawa, dan dibaca ketika diperlukan. Buku/dokumen digital mampu menampung informasi verbal dan nonverbal dengan tampilan statis, videografi, dan audio.
Teknologi digital memungkinkan menyimpan, membawa, dan membaca buku hanya dengan menggunakan peralatan “kecil” saja. Demikianlah Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Semester 2 yang semoga bermanfaat. salam.
0 Response to "Ruang Lingkup Mata Pelajaran Simulasi Digital Buku Siswa Semester 2"
Post a Comment