Contoh RPP Simulasi Digital KD Menjelaskan Konsep Simulasi Visual



ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB. salam guru Indonesia, kali ini saya akan share Contoh RPP Simulasi Digital KD Menjelaskan Konsep Simulasi Visual untuk SMK Kelas X Kurikulum 2013 yang semoga bermanfaat.

dibawah ini adalah contoh RPP nya, silahkan bagi yang membutuhkan bisa langsung dicopy paste ke Ms word.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

SatuanPendidikan     : SMK  Al-Irsyad Tegal
Mata Pelajaran          : TKJ
Kelas                         : Kelas X
Materi Pembelajaran  : Konsep Simulasi Visual
Alokasi Waktu           : 2  x 45 menit

I.    Kopetensi Inti                 : KI3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual san prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang pengetahuan, teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
II.   Kompetensi Dasar         :  Menjelaskan Konsep Simulasi Visual
III.  Indikator                        
A.  Kognitif
1.      Produk:
a.       Memahami  definisi simulasi visual
b.      Memahami jenis simulasi visual
c.       Memahami  fungsi simulasi visual
2.      Proses:
 Mendiskusikan definisi simulasi visual, jenis simulasi visual, dan fungsi simulasi visual.
B.     Psikomotor
Mengeksplorasi definisi simulasi visual, Mengeksplorasi jenis simulasi visual, dan Mengeksplorasi fungsi simulasi visual.
C.   Afektif
1. Mengembangkan sikap berkarakter, meliputi :
a.       Teliti, tekun, cekatan
b.      kreatif
c.       Disiplin
d.      Kreatif-inovatif
2. Keterampilan sosial:
a. berkomunikasi
b. bekerjasama
c. mengutarakan pendapat

IV. TujuanPembelajaran: 
A.   Kognitif
    1.   Produk:
a.       Siswa dapat mendeskripsikan definisi simulasi visual dengan mengerjakan soal sebagaimana soal pada  LP 1 :  Produk sesuai dengan kunci jawaban.
b.      Siswa dapat menyebutkan jenis simulasi visual dengan mengerjakan soal sebagaimana soal pada LP 1 : Produk sesuai dengan kunci jawaban.
c.       Siswa dapat  menjelaskan fungsi simulasi visual dengan mengerjakan soal sebagaimana soal pada LP 1 : Produk sesuai dengan kunci jawaban.
2.   Proses  
Dibentuk kelompok kecil yang beranggotakan 3-4 orang, sehingga siswa dapat mendiskusikan definisi, jenis dan fungsi simulasi visual dengan anggota kelompoknya. dengan langkah-langkah yang benar sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan di LP 2.
B.   Psikomotor
Disediakan lembar kelompok dan permasalahan yang harus diselesaikan. Siswa dapat melakukan diskusi simulasi visual sesuai dengan tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3  Psikomotor.
D.       Afektif
1.         Karakter:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa.  Siswa dinilai membuat kemajuandalam menunjukkan karakter arsiparis yang teliti, tekun, cekatan, disiplin, kreatif-inovatif sesuai dengan LP 4 : Pengamatan Perilaku berkarakter.
2.         Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. Siswa dinilai membuat kemajuan  dalam menunjukkan perilaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi, bekerjasama, melayanisesuai dengan LP 5: Keterampilan sosial.
V.  Model dan Metode Pembelajaran:
  Model Pembelajaran                     : Model Pembelajaran Kooperatif (MPK)
Metode Pembelajaran                    :Tugas berupa diskusi kelompok tentang simulais   visual     dikombinasikan dengan inquiry.
VI. Bahan
·         Lembar Kerja 1
VII. Alat dan Media: 
Alat terdiri dari:
·         Alat Tulis Kantor (ATK),
·         LCD
Media terdiri dari Slide tentang:
·           Definisi simulasi visual
·           Jenis simulasi visual
·           Fungsi simulasi visual
VIII.  Proses BelajarMengajar
A.    Pendahuluan

Kegiatan
PenilaianolehPengamat
1
2
3
4
1.  Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dankarakter.  Siswa dapat mengemukakan pengertian simulasi visual, jenis-jenis simulasi visual, dan fungsi simulasi visual .
      Guru meminta siswa mengemukakan pendapatnya, setelah mendiskusikannya dengan anggota kelompok masing-masing. 
2. Guru member penjelasan bahwa penggunaan jenis simulasi visual tergantung tujuan dan kegunaaan si pemakai.







A.    Inti

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Penggalan 1
a.        Siswa mendiskusikan pengertian, jenis, danfungsi simulasi visual. (Fase 2 MPK) 
b.       Guru memberikan informasi tentang pengertian, tujuan jenis, dan fungsi simulasi visual. Guru membagikan modul satu modul tiap Kelompok . (Fase 3 MPK)
c.        Siswa mendiskusikan konsep simulasi visual.  Siswa mengisi modul. (Fase 4 MPK)
Penggalan  2
a.       Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif . Setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa,  untuk mencari informasi dari konsep simulasi visual. Catatlah keterangan yang anda peroleh.
b.      Membimbing siswa mengerjakan modul tentang konsep simulasi visual. 
c.       Melakukan evaluasi formatif dengan asesmen kinerja psikomotor dengan cara meminta siswa menunjukkan hasil diskusinya.

Penggalan 3
a.    Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif. Setiap kelompok terdiri dari 2 – 3 siswa,  untuk mencari informasi dari internet tentang jenis-jenis simulasi visual.
b.    Guru memberikan informasi tentang jenis simulasi visual, yakni metode: simulasi visual 2D dan simulasi visual 3D.
Penggalan 4
a.       Membimbing kelompok berkomunikasi untukmenyampaian pendapat dalam menarik kesimpulan dengan mengacu pada Lembar Kerja.
b.      Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.






B.     Penutup

Kegiatan
PenilaianolehPengamat
1
2
3
4
Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi Pekerjaan Rumah.






X.   SumberPembelajaran
1.      Modul 1 : fungsi dan jenis simulasi visual
2.      Modul 2 :definisi dan jenis simulasi visual
3.      Kunci LKS  1, 2
4.      LP 1: Produk
5.      LP 2: Proses 
6.      LP 3: Psikomotor
7.      LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
8.      LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
9.      Tabel Spesifikasi Penilaian
10.  Silabus
11.  Media Slide Power Point

Daftar  Pustaka
Modul Simulasi Digital, SEAMOLEC 2012

Demikian semoga Contoh RPP Simulasi Digital KD Menjelaskan Konsep Simulasi Visual bisa membantu anda dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas pada mata pelajaran simulasi digital SMK Kelas X Kurikulum 2013. salam.

0 Response to "Contoh RPP Simulasi Digital KD Menjelaskan Konsep Simulasi Visual"

Post a Comment